Pengaruh perbedaan penggunaan piggyback pada ecu standar terhadap power, torsi, konsumsi bahan bakar, kualitas jenis gas buang, dan akselerasi sepeda motor vespa sprint i-get 150 abs / Adi Setiyoko - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh perbedaan penggunaan piggyback pada ecu standar terhadap power, torsi, konsumsi bahan bakar, kualitas jenis gas buang, dan akselerasi sepeda motor vespa sprint i-get 150 abs / Adi Setiyoko

Setiyoko, Adi (2022) Pengaruh perbedaan penggunaan piggyback pada ecu standar terhadap power, torsi, konsumsi bahan bakar, kualitas jenis gas buang, dan akselerasi sepeda motor vespa sprint i-get 150 abs / Adi Setiyoko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keluhan pengendara sepeda motor matic yang dirasakan performa kurang responsif ketika melintasi jalan perbukitan yang memiliki medan berliku dan menanjak yang hampir 80% performa motor matic bergantung pada tarikan gas. Untuk meningkatkan performa sepeda motor dapat dilakukan dengan menggunakan hardware elektronik piggyback yang memiliki fungsi untuk memanipulasi signal aktuator injektor dari ECU. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang signifikan terhadap power torsi konsumsi bahan bakar kualitas jenis gas buang dan akselerasi dalam kondisi standar dan penggunaan piggyback. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan one group pretest-posttest design dengan tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan piggyback pada ECU standar terhadap power torsi konsumsi bahan bakar kualitas jenis gas buang dan akselerasi. Pengambilan data dilakukan di Bengkel Berkah Rekanan BRT Sawojajar dengan putaran mesin 2000-7000 rpm dengan interval 1000 rpm dengan objek penelitian sepeda motor Vespa Sprint I-GET 150 ABS. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan power torsi konsumsi bahan bakar kualitas jenis gas buang dan akselerasi. Peningkatan power tertinggi pada putaran mesin 7000 rpm yang meningkat sebesar 0 307HP peningkatan torsi tertinggi pada putaran mesin 7000 rpm yang meningkat sebesar 0 233 Nm peningkatan konsumsi bahan bakar tertinggi pada putaran mesin 7000 rpm yang meningkat sebesar 0 477 ml/menit peningkatan hidrokarbon tertinggi pada putaran mesin 2000 rpm yang meningkat sebesar 27 66 ppm peningkatan karbon monoksida tertinggi pada putaran mesin 3000 rpm yang meningkat sebesar 0 137% Vol peningkatan karbon dioksida tertinggi pada putaran mesin 3000 rpm yang meningkat sebesar 0 37% Vol dan peningkatan akselerasi tertinggi pada kecepatan 0-100 km/jam yang meningkat sebesar 0 155 detik. Pada penggunaan piggyback rata-rata presentase konsumsi bahan bakar meningkat 6% pada putaran mesin 2000-7000 rpm. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan kesimpulan dari penggunaan piggyback adalah memberikan pengaruh yang signifikan terhadap power torsi konsumsi bahan bakar kualitas jenis gas buang dan akselerasi dibandingkan dalam kondisi standar. Dari hasil penelitian ini dapat digunakan untuk meningkatkan performa motor meskipun peningkatan yang terjadi tidak begitu besar. Untuk peneliti selanjutnya dapat menambahkan beberapa variasi dalam set-up piggyback untuk memperoleh hasil yang maksimal dan mengetahui dampak jangka panjang dalam menggunakan piggyback.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Oct 2022 04:29
Last Modified: 21 Dec 2022 02:24
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269199

Actions (login required)

View Item View Item