Ayuningtyas, Vidya (2021) Pengembangan e-module berbasis aplikasi kvisoft flipbook marker pada maa pelajaran administrasi kepegawaian unuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas xii otomatisasi dan ata kelola perkantoran di SMK Terpadu Al-Islahiyah Singosari / Vidya Ayuningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Ayuningtyas Vidya. 2021. Pengembangan E-module Berbasis Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Pada Mata Pelajaran Administrasi Kepegawaian Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran SMK TERPADU AL-ISLAHIYAH Singosari. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Mohammad Arief M.Si. Kata Kunci E-Module Administrasi Kepegawaian Kvisoft Flipbook Maker Hasil Belajar. Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin cepat dan canggih menuntut seorang guru untuk mengubah kebiasaan mengajarnya. Dalam hal ini seorang guru sangat di tuntut untuk berinovasi serta kreatif dalam merancang dan menyusun bahan ajar agar selaras dengan perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan. Berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa peserta didik kelas XII Otomasisasi dan Tatakelola Perkantoran di SMK TERPADU AL-ISLAHIYAH Singosari sehingga dapat ditemukan permasalahan dalam pemberian materi bahan ajar kepada peserta didik mengenai penggunaan bahan ajar yang diterapkan di sekolah khususnya mata pelajaran Administrasi Kepegawaian. Menurut peserta didik disekolahnya hanya menyediakan beberapa buku untuk referensi pembelajarannya. Sehingga membuat pemahaman siswa menjadi kurang maksimal terhadap materi yang dipelajari dan akhirnya berpengaruh pada penurunan nilai atau peserta didik tidak bisa mencapai nilai maksimal pada mata pelajaran tersebut. Adanya media pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti diharapkan peserta didik dapat belajar secara mandiri dan menambah referensi pembelajarannya. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan bertujuan untuk (1) Menghasilkan E-module korespondensi berbasis aplikasi Kvisoft Flipbook Maker sebagai bahan ajar pada mata pelajaran Administrasi Kepegawaian (2) Untuk mengetahui kelayakan E-module administrasi kepegawaian berbasis aplikasi Kvisoft Flipbook Maker melalui validasi ahli materi (guru) dan ahli E-module (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang mengguakan E-module administrasi kepegawaian berbasis aplikasi Kvisoft Flipbook Maker dengan peserta didik yang tidak menggunakan E-module administrasi kepegawaian berbasjis aplikasi Kvisoft Flipbook Maker. Peneliti menggunakan jenis penelitian dan pengembangan dengan rancangan penelitian dan pengembangan yang terdiri dari tujuh langkah yakni (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) perbaikan desain (6) uji coba produk dan (7) revisi produk dan produk akhir. Produk yang dihasilkan divalidasi oleh dua ahli yakni ahli materi dan ahli media. Validasi materi dilakukan oleh Ibu Sari Darmayanti selaku guru mata pelajaran Administrasi Kepegawaian dan validasi media dilakukan oleh Bapak Eka Pramono Adi S.I.P. M.Si selaku dosen yang berkompeten di bidang media pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari ahli media ahli materi 6 siswa sebagai uji coba kelompok kecil serta subjek uji coba kelompok besar yang terdiri dari 19 peserta didik kelas XII OTKP 1 dan 17 peserta didik kelas XII OTKP 2. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dari perhitungan skor pada angket validasi dan nilai hasil posttest. Selain itu terdapat data kualitatif dari wawancara kritik dan saran. Berdasarkan data yang telah diperoleh maka teknik analisa data yang digunakan adalah analisis persentase dan deskriptif kualitatif. Produk yang dikembangkan berupa E-module korespondensi berbasis aplikasi Kvisoft Flipbook Maker dengan nama Korespondensi Bisnis yang dilengkapi dengan buku panduan penggunaan aplikasi. Keunikan dari produk yang dihasilkan yakni sajia materi dilengkapi dengan gambar video dan soal dilengkapi dengan link google form sehingga lebih menarik interaktif. Sesuai dengan hasil validasi yang telah dilakukan peneliti menunjukkan aplikasi telah sesuai dengan kebutuhannya tujuan pembelajaran kemudahan pengoperasian dan dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran di SMK. Hal ini berdasarkan isian pada angket validasi ahli materi diperoleh nilai sebesar 78% kemudian angket validasi ahli media diperoleh nilai sebesar 98% sedangkan untuk uji coba kelompok kecil diperoleh nilai 83 3% sehingga e-module sangat layak untuk digunakan. Ditinjau dari perbedaan tingkat hasil belajar peserta didik rata-rata nilai kelas kontrol yaitu 936 sedangkan kelas eksperimen mencapai rata-rata sebesar 918. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan Hasil belajar yang signifikan antara kelas control dan kelas eksperimen. Disimpulkan E-module korespondensi berbasis aplikasi Kvisoft Flipbook Maker layak digunakan dan terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Saran yang dapat diberikan untuk pemanfaatan produk ini sebaiknya pengoperasian aplikasi dilakukan dengan jaringan internet agar bisa dengan mudah mengerjakan soal.. Selain itu E-module korespondensi sebagai media pembelajaran diharapkan kedepannya dapat digunakan sebagai rujukan atau rreferensi. Saran untuk pengembangan produk selanjutnya E-module korespondensi berbasis aplikasi Kvisoft Flipbook Maker dibuat dengan lebih lengkap serta materi yang lebih luas dengan penambahan isi maupun tampilan yang lebih menarik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jun 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/268631 |
Actions (login required)
View Item |