Setyaningrum, Arini (2022) Penerapan learning cycle 5e dengan strategi konflik kognitif untuk mereduksi miskonsepsi pada materi larutan penyangga / Arini Setyaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mereduksi miskonsepsi dan meningkatkan pemahaman siswa dengan penerapan Learning Cycle 5E dengan strategi konflik kognitif pada materi larutan penyangga. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi exsperiment dan menggunakan desain pre test-posttest control group design. Penelitian dilakukan di SMAN 10 Malang dengan sampel dua kelas yaitu XI MIPA 2 dan XI MIPA 4. Data didapatkan melalui pretest dan posttest. Analisis data yang dilakukan yaitu uji prasyarat analisis uji hipotesis dan analisis derajat miskonsepsi. Hasil penelitian pada kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol menunjukan derajat miskonsepsi sebesar 42% dan pemahaman konsep sebesar 48% sedangkan pada kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen menunjukan derajat miskonsepsi sebesar 27 % dan pemahaman konsep sebesar 65 %. Hasil uji Mann Whitney menunjukan adanya perbedaan hasil pembelajaran pada posttest. Hasil uji N-gain menunjukan skor 37% pada kelas kontrol dan 57% pada kelas eksperimen. Hasil uji N-gain menunjukan peningkatan hasil pembelajaran kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Penerapan Learning Cycle 5E dengan strategi konflik kognitif mampu mereduksi miskonsepsi sebesar 30% sedangkan pada penerapan Learning Cycle 5E miskonsepsi tereduksi sebesar 11%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Aug 2022 04:29 |
Last Modified: | 29 Dec 2022 01:44 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/268318 |
Actions (login required)
View Item |