Amburika, Nudiya (2022) Kesalahan penggunaan tempus dalam karangan mahasiswa pada mata kuliah deutsche literatur Universitas Negeri Malang / Nudiya Amburika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan penggunaan Tempus pada karangan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman angkatan 2018 pada mata kuliah Deutsche Literatur dan mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan mahasiswa melakukan kesalahan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah karangan dongeng hasil Ujian Tengah Semester 6 mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman angkatan 2018 pada mata kuliah Deutsche Literatur dan hasil wawancara. Data yang dikumpulkan berupa kalimat-kalimat yang mengandung Tempus (bentuk waktu) yang dianalisis kesalahannya dan hasil wawancara dengan mahasiswa. Dalam penelitian ini digunakan human instrument atau peneliti sendiri dan didukung dengan instrumen lainnya berupa tabel dokumentasi serta pedoman wawancara. Analisis data dilakukan melalui beberapa langkah yaitu pemilihan data klasifikasi data dan reduksi data. Setelah dianalisis data kemudian dipaparkan dengan menjabarkan masing-masing bentuk kesalahan penggunaan Tempus yang telah ditemukan pada karangan M auml rchen beserta hasil wawancara guna mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan dalam penggunaan Tempus. Data-data tersebut sebelumnya sudah melalui tahap uji validasi dan triangulasi sumber untuk menjaga keabsahan data. Selanjutnya masuk dalam tahap pembahasan dan penarikan simpulan. Dari hasil analisis data tersebut disimpulkan bahwa mahasiswa masih banyak melakukan kesalahan dalam penggunaan Tempus pada karangan M auml rchen. Kesalahan penggunaan Tempus tersebut mayoritas terjadi pada penggunaan Tempus Pr auml sens Pr auml teritum Perfekt dan Plusquamperfekt. Beberapa faktor yang melatarbelakangi kesalahan tersebut terjadi diantaranya yaitu teori/materi tentang Tempus jarang diterapkan oleh mahasiswa dalam kegiatan belajar mahasiswa masih kesulitan menentukan Tempus yang tepat sesuai alur cerita kurangnya pemahaman mahasiswa mengenai fungsi dari masing-masing Tempus dan bagaimana penerapannya dalam kalimat. Faktor-faktor lainnya adalah faktor performansi dan interferensi. Faktor performansi yaitu keadaan pembelajar dalam kondisi sebenarnya ketika menggunakan suatu bahasa yang memengaruhi optimal atau tidaknya bahasa yang digunakan. Sementara faktor interferensi adalah keadaan tercampurnya atau terpengaruhnya suatu bahasa yang dipelajari atau digunakan karena bahasa ibu pembelajar. Dengan adanya permasalahan tersebut maka saran yang dapat diajukan yaitu mahasiswa hendaknya lebih aktif dan sering menerapkan materi tentang Tempus di setiap kegiatan belajar baik itu kegiatan membaca menulis menyimak maupun berbicara serta berlatih membuat kalimat dengan semua jenis Tempus yang telah dipelajari agar pemahaman yang diperoleh tidak hanya pada teori tetapi juga praktik secara langsung. Sivitas Akademika Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman diharapkan dapat memberikan penyadaran dan motivasi kepada mahasiswa agar terus meningkatkan pemahaman tentang Tempus mengembangkan budaya membaca dan menulis karangan fiksi seperti M auml rchen dan karangan-karangan lain yang dapat melatih mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Aug 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/267618 |
Actions (login required)
View Item |