Pengembangan kartu kata bergambar (flashcard) dan langkah-langkah kegiatan pembelajaran untuk Bahasa Arab berbasis kosakata di Madrasah Ibtidaiyah kelas iii / Meilinda Alvionita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan kartu kata bergambar (flashcard) dan langkah-langkah kegiatan pembelajaran untuk Bahasa Arab berbasis kosakata di Madrasah Ibtidaiyah kelas iii / Meilinda Alvionita

Alvionita, Meilinda (2021) Pengembangan kartu kata bergambar (flashcard) dan langkah-langkah kegiatan pembelajaran untuk Bahasa Arab berbasis kosakata di Madrasah Ibtidaiyah kelas iii / Meilinda Alvionita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil dari wawancara dan observasi mengenai pembelajaran bahasa Arab di kelas III MI Manarul Islam Sawojajar dapat diketahui selama proses pembelajaran guru tidak menggunakan media pembelajaran dalam menyampaikan materi. Hal itu menyebabkan siswa kurang perhatian dan konsentrasi pada saat pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan kartu kata bergambar (flashcard) dan langkah-langkah kegiatan pembelajaran untuk Bahasa Arab berbasis kosakata di Madrasah Ibtidaiyah Kelas III (2) mengetahui kelayakan kartu kata bergambar (flashcard) dan langkah-langkah kegiatan pembelajaran berbasis kosakata di Madrasah Ibtidaiyah Kelas III. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (RnD) yang mengacu pada model ADDIE. Hasil dari pengembangan media kartu kata bergambar (flashcard) dan langkah-langkah kegiatan pembelajaran berbasis kosakata ini dinyatakan valid dengan hasil validasi uji ahli materi mencapai 86% dan hasil validasi uji ahli media mencapai 83%. Sebanyak 10 siswa kelas 3 MI Manarul Islam dan guru pengampu mata pelajaran bahasa Arab sebagai subjek uji coba penelitian ini. Tingkat kelayakan dari hasil uji coba siswa mencapai 91 8% dan hasil dari uji coba guru mencapai 87 5%. Diharapkan adanya pengembangan produk lebih lanjut dan lengkap dengan desain dan warna yang lebih menarik sehingga dapat lebih menarik perhatian siswa belajar bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Apr 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267539

Actions (login required)

View Item View Item