Khamidah, Majdah Nuril (2022) Pengembangan e-modul berbasis hots pada materi pecahan kelas v Sekolah Dasar / Majdah Nuril Khamidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu untuk menghasilkan produk dalam bentuk e-modul matematika berbasis HOTS pada materi pecahan sehingga layak digunakan dalam pembelajaran matematika khususnya bagi peserta didik kelas V SD. Penelitian ini menggunakan tahapan penelitian pengembangan model ADDIE yang meliputi tahap analisis desain pengembangan implementasi dan evaluasi. E-modul yang selesai dibuat kemudian dinilai kelayakannya oleh ahli materi dan ahli media. Hasil penilaian oleh validator para ahli diperoleh persentase sebesar 90 63% dari ahli materi dan 97 92% dari ahli media. Hal ini membuktikan bahwa e-modul matematika yang dikembangkan memiliki kategori sangat layak untuk digunakan. E-modul matematika yang telah dinyatakan layak oleh validator kemudian diuji cobakan kepada pengguna. Subjek uji coba yang digunakan meliputi 56 peserta didik dan 2 guru kelas V di SDN Rowogempol 2. Berdasarkan hasil uji coba guru diperoleh persentase sebesar 88 3% yang berarti sangat layak. Uji coba peserta didik dilakukan melalui dua tahap yaitu uji coba skala kecil dan uji coba skala besar dengan perolehan berturut-turut sebesar 93 1% dan 91 8% yang berarti sangat layak. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul matematika berbasis HOTS pada materi pecahan yang dikembangkan sangat layak baik dari segi media maupun materi sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Oct 2022 04:29 |
Last Modified: | 11 Jan 2023 08:49 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/266784 |
Actions (login required)
View Item |