Damayanti, Dwinda Oktaviana (2021) Pengaruh kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar peserta didik terhadap prestasi belajar peserta didik di SDN Kecamatan DAU / Dwinda Oktaviana Damayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Damayanti Dwinda Oktaviana. 2021. Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar Peserta Didik Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Di SD Negeri Kecamatan Dau. Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Bambang Budi Wiyono M.Pd. (II) Wildan Zulkarnain S.Pd. M. Pd. Kata Kunci kompetensi pedagogik guru motivasi belajar peserta didik prestasi belajar peserta didik Dalam proses penyelenggaraan pendidikan guru dan peserta didik merupakan dua komponen penting yang tidak dapat dipisahkan. Guru merupakan pendidik yang bertugas mendidik peserta didik agar lebih produktif. Selain itu guru juga memiliki peranan dalam menentukan keberhasilan peserta didik melalui pengelolaan pembelajaran di sekolah. Maka apabila kompetensi guru rendah maka prestasi belajar peserta didik akan rendah begitu juga sebaliknya. Terdapat empat kompetensi guru yang salah satunya yaitu kompetensi pedagogik guru. Kompetensi pedagogik guru berkaitan dengan pengelolaan pembelajaran dimulai dari perencanaan pembelajaran hingga evaluasi hasil belajar. Sehingga apabila kompetensi pedagogik yang dimiliki guru baik maka akan berpengaruh terhadap prestasi belajar yang didapatkan peserta didik. Selain kompetensi pedagogik guru salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar peserta didik yaitu adanya kemauan dari individu untuk berprestasi di sekolah atau dapat disebut dengan motivasi belajar pada diri peserta didik. Melalui kemauan atau motivasi yang ada dalam diri peserta didik maka akan menimbulkan semangat belajar sebagai upaya dalam mencapai target prestasi atau standar yang telah ditetapkan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) tingkat kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh guru (2) tingkat motivasi belajar peserta didik (3) tingkat prestasi belajar peserta didik serta (4) pengaruh kompetensi pedagogik yang dimiliki guru dan motivasi belajar peserta didik terhadap prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan prediktif korelasional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan kuesioner tertutup. Populasi yang dipilih adalah peserta didik kelas 6 SDN Kecamatan Dau. Dari 346 peserta didik dipilih 185 peserta didik di 11 SDN Kecamatan Dau sebagai sampling. Menggunakan teknik Simple Random Sampling. Analisis data menggunakan teknik deskriptif dan regresi ganda. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut (1) tingkat kompetensi pedagogik guru SDN Kecamatan Dau termasuk dalam kategori tinggi (2) tingkat motivasi belajar peserta didik SDN Kecamatan Dau termasuk dalam kategori sedang (3) tingkat prestasi belajar peserta didik SDN Kecamatan Dau termasuk dalam kategori sedang dan (4) terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar peserta didik terhadap prestasi belajar peserta didik di SDN Kecamatan Dau. Saran dari peneliti ini ditujukan kepada (1) bagi guru hendaknya guru mempertahankan kompetensi pedagogik yang dimilikinya. Selain itu guru diharapkan mampu mengimplementasikan kompetensi pedagogik yang dimilikinya dalam pembelajaran di kelas sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang efektif efisien dan terpadu (2) bagi peserta didik hendaknya peserta didik meningkatkan motivasi belajar yang dimilikinya sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajarnya dan (3) bagi peneliti lain melakukan penelitian dengan menyertakan variabel lain yang mempengaruhi prestasi belajar peserta didik selain kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar peserta didik. Selain itu dapat melakukan penelitian dengan menggunakan nilai UAS untuk mengukur variabel prestasi belajar peserta didik dapat melakukan penelitian pada jenjang pendidikan SMP atau SMA serta menggunakan sampel penelitian yang lebih luas sehingga hasil penelitian dapat bersifat komprehensif dan bisa digeneralisasikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Apr 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/265733 |
Actions (login required)
View Item |