Amin, Saiful Amin (2021) Pengembangan model Problem Based Hybrid Learning (PBHL) dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir spasial serta kepekaan sosial mahasiswa / Saiful Amin. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemampuan berpikir spasial penting dimiliki oleh mahasiswa dalam mempelajari geografi. Fakta yang ada menunjukkan kemampuan berpikir spasial rata-rata mahasiswa Pendidikan IPS tergolong masih rendah. Hal ini membuat mahasiswa kurang peka terhadap permasalahan/fenomena geografi sehingga diasumsikan akan berpengaruh terhadap rendahnya kepekaan sosial mahasiswa terhadap lingkungan sekitar. Upaya rasional yang dapat dilakukan yaitu dengan mengembangkan model problem-based hybrid learning (PBHL). Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kalayakan hasil pengembangan model PBHL 2) mengetahui pengaruh model PBHL terhadap kemampuan berpikir spasial dan 3) mengetahui pengaruh model PBHL terhadap kepekaan sosial mahasiswa. Penelitian ini terdiri dari 1) pengembangan yang menggunakan model ADDIE meliputi analysis design development implementation dan evaluation. 2) penelitian kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Subjek dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang menempuh mata kuliah geografi fisik materi Lingkungan Hidup dan Konservasinya. Penentuan kelas kontrol dan kelas eksperimen berdasarkan purposive sampling diputuskan bahwa kelas D adalah eksperimen (29 orang) dan kelas B sebagai kelas kontrol (29 orang). Analisis data menggunakan independent sample t-test dengan taraf signifikan 5% setelah dilakukan uji prasyarat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) produk pengembangan model PBHL telah memenuhi kriteria sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. 2) Model PBHL berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir spasial. 3) Model PBHL berpengaruh signifikan terhadap kepekaan sosial mahasiswa. Berdasarkan temuan hasil penelitian rekomendasi bagi 1) kampus yaitu perguruan tinggi memfasilitasi pelatihan e-learning untuk menunjang perkuliahan online maupun hybrid learning serta meningkatkan server dan bandwith. 2) Dosen yaitu melakukan perencanaan yang baik alokasi waktu ditambah pada tahapan investigasi dan aktualisasi dan perlu dilakukan tatap muka pada tahapan presentasi hasil. 3) Peneliti lain yaitu melakukan pengembangan model PBHL lebih lanjut dengan dengan media mobile learning variabel lain dan lembar kerja mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S3 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jan 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/263419 |
Actions (login required)
View Item |