Prastiyono, Hendri (2021) Pengembangan model earthcomm berbasis mobile learning-outdoor study Objek Wisata Alam (OWA) untuk meningkatkan kemampuan berkolaborasi dan berpikir kritis siswa SMA pada materi biosfer / Hendri Prastiyono. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran geografi pada materi biosfer belum sesuai harapan kurikulum 2013. Pembelajaran pada materi biosfer yang menitikberatkan kolaborasi dan proses berpikir kritis masih rendah. Integrasi model EarthCOMM dengan Mobile Learning-Outdoor Study di Objek wisata alam (OWA) berperan penting untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan dapat membangun kolaborasi dalam belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk model pembelajaran EarthCOMM berbasis Mobile Learning-Outdoor Study yang memiliki kelayakan 2) Mengetahui efektivitas injeksi model dalam meningkatkan kemampuan berkolaborasi 3) Mengetahui efektivitas injeksi model dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan desain R amp D project model Borg dan Gall (1989). Subjek ujicoba dalam penelitian dan pengembangan ini yaitu siswa kelas XI SMA tahun ajaran 2021-2022. SMA yang digunakan dalam penelitian adalah 1 sekolah negeri dan 4 sekolah swasta. Pemerolehan data penelitian diambil dari instrument kuesioner dan butir soal yang memiliki rubrik penilaian. Data yang terkumpul dari hasil evaluasi dari validator guru dan siswa dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif (persentase) dan kuantitatif (inferensial parametrik dan parameter independent sample t-tes) dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) produk memiliki kelayakan berdasarkan hasil validasi ahli review peer guru sejawat dan respon siswa 2) produk efektif meningkatkan kemampuan berkolaborasi siswa dengan nilai t sebesar 8 124 dengan taraf 5% yang berarti kemampuan berkolaborasi kelas eksperimen memiliki perubahan yang signifikan 3) produk efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan nilai t sebesar 2 914 dengan taraf 5% yang berarti kemampuan berkolaborasi kelas eksperimen memiliki perubahan yang signifikan. Berdasarkan temuan penelitian ini disarakan pada 1) para guru geografi agar mengajar materi Biosfer pada kelas XI SMA dapat menerapkan model EarthCOMM berbasis Mobile Learning-Outdoor Study 2) MGMP agar bisa diadakan kegiatan diseminasi standarisasi pembelajaran EarthCOMM berbasis Mobile Learning-Outdoor Study bisa menjadi bahan homogenitas model yang handal dan efektif 3) peneliti lanjut agar menerapkan pada materi yang lain dengan memuat variabel lain seperti kemampuan kreatifitas berpikir spasial maupun lainnya. Selain itu juga bisa menambahkan teori dasar lain seperti Perilaku Skinner maupun neurologis Hebb untuk menyempurnakan model EarthCOMM berbasis Mobile Learning-Outdoor Study.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S3 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jan 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/263418 |
Actions (login required)
View Item |