Halek, Dahri Hi. (2021) Pengaruh model pembelajaran experiential learning dan pendidikan karakter peduli lingkungan terhadap kreativitas dan inovasi siswa sma / Dahri Hi. Halek. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Salah satu untuk membentuk karakter siswa terhadap kepedulian lingkungan adalah menerapkan pendidikan karakter disekolah karena dapat mendorong siswa untuk memiliki kemampuan untuk melakukan hal-hal yang baik sehingga pembentukan karakter sangat penting dimiliki siswa sejaka dini. Diyakini bahwa pembentukan karakter dapat memainkan peran penting dalam realisasinya untuk dijadikan pijakan dalam pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah Oleh karena itu perlu ada penanaman nilai peduli lingkungan terhadap siswa ini penting dijadikan pedoman sebagai karakter siswa dari sekolah. Karena karakter merupakan suatu nilai budaya pada siswa yang harus diperkenalkan dan dijarkan kepada anak-anak sejak masih kecil. Kurangnya pemahaman terhadap peduli lingkungan maka terjadi kerusakan lingkungan sehingga mengakibatkan kerugian pada keindahan alam menggangu kesehatan dan mengganggu keseimbangan ekosistem. Selain itu melalui pemberian pendidikan karakter peduli lingkungan dapat menjadikan siswa memahami kompetensi yang di targetkan juga untuk mengenalkan dan mengimplementasikan nilai karakter siswa. Oleh karena itu untuk membentuk karakter siswa terhadap kepedulian lingkungan maka diterapkan pembelajaran experiential siswa diharapkan dapat membuat kerajinan dengan memanfaatkan barang bekas yang tidak dipakai dijadikan barang yang bernilai. Sehingga dengan kegiatan ini dapat memperlihatkan sikap kerjasama antara lingkungan dengan memanfaatkan barang bekas yang tidak terpakai menjadi suatu kerajinan yang menghasilkan barang yang bernilai melalui pembelajaran pengalaman. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen menggunakan disain post-test only control group design. Dalam penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu dependen (kreativitas dan inovasi) independen (model pembelajaran experiential learning dan pendidikan karakter peduli lingkungan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran experiential learning dan pendidikan karakter lingkungan terhadap kreativitas dan inovasi siswa SMA Negeri 1 Kota Ternate. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran experiential learning dan pendidikan karakter peduli lingkungan terhadap kreativitas dan inovasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kota Ternate. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IIS yang mewakili kelas yaitu kelas X IIS-1 dan kelas X IIS-3. Analisis hasil penelitian menggunakan uji t pada aplikasi software SPSS for windows versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran experiential learning dan pendidikan karakter peduli lingkungan terhadap kreativitas dan terdapat penguruh yang signifikan model pembelajaran experiential learning dan pendidikan karakter peduli lingkungan terhadap inovasi siswa X SMA Negeri 1 Kota Ternate. Hasil analisis menunjukkan bahwa hasil pendidikan karakter peduli lingkungan dengan kreativitas dan inovasi siswa dengan kemampuan kategori ahli menengah dan pemula mengalami peningkatan. Sehingga ada pengaruh model pembelajaran experiential learning dan pendidikan karakter peduli lingkungan terhadap kreativitas dan inovasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kota Ternate. Berdasarkan hasil penelitain tersebut maka disarankan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan materi geografi dan karakteristik siswa serta memanfaatkan lingkungan sekitar siswa sebagai media dan sumber belajar. Selain itu guru dapat mengembangkan model pembelajaran yang lebih kreatif aktif dan menarik bagi siswa serta melibatkan semua pengalaman siswa. Secara praktis guru diharapkan dapat menerapkan hasil penelitian ini pada materi yang lain. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan penelitian ini dapat dikembangkan lagi pada materi yang lainnya dan metode penelitian lain seperti penelitian pengembangan maupun action research lainnya.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S3 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jan 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/263415 |
Actions (login required)
View Item |