Pengembangan praktikum biologi berbasis proyek dalam pemberdayaan keterampilan 4c (keterampilan berpikir kritis, keterampilan komunikasi, keterampilan kolaborasi, kreativitas) di lptk / Paramitha Cahyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan praktikum biologi berbasis proyek dalam pemberdayaan keterampilan 4c (keterampilan berpikir kritis, keterampilan komunikasi, keterampilan kolaborasi, kreativitas) di lptk / Paramitha Cahyani

Cahyani, Paramitha (2021) Pengembangan praktikum biologi berbasis proyek dalam pemberdayaan keterampilan 4c (keterampilan berpikir kritis, keterampilan komunikasi, keterampilan kolaborasi, kreativitas) di lptk / Paramitha Cahyani. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Cahyani, Paramitha, 2021. Pengembangan Praktikum Biologi Berbasis Project Dalam Pemberdayaan Keterampilan 4C (Keterampilan Berpikir Kritis, Keterampilan Komunikasi, Keterampilan Kolaborasi, Kreativitas) di LPTK. Disertasi. Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. A. Duran Corebima, M.Pd., (2) Prof. Dr. Siti Zubaidah, M. Pd., (3) Prof. Dr. Susriyati Mahanal, M. Pd Kata kunci: praktikum biologi, model praktikum, pembelajaran biologi, cooking recipe practice Penyelenggaraan praktikum merupakan komponen penting dalam pembelajaran di perguruan tinggi LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan), namun sebagian besar praktikum yang dilangsungkan di LPTK masih berbasis cooking recipe. Bentuk cooking recipe based practice banyak dilaporkan tidak banyak memberikan kontribusi terhadap pengembangan beragam keterampilan berpikir. Pada saat yang sama turut diungkap bahwa pemberdayaan keterampilan 4C juga belum banyak dilakukan pada penyelenggaraan praktikum maupun dalm kondisi pembelajaran di kelas. Selain itu, penyelenggaraan praktikum yang ideal di perguruan tinggi harusnya lebih bersifat divergent, tidak hanya pembuktian konsep serta tidak terlalu menuntun, namun fakta di lapangan menunjukkan hal yang berkebalikan. Oleh karena itu patut dirancang pembaharuan model praktikum guna menjawab permasalahan yang telah dipaparkan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1)menghasilkan bentuk praktikum yang valid, praktis serta efektif, (2) menganalisis pengaruh yang ditimbulkan oleh penerapan PBP terhadap keterampilan berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi dan kreativitas. Penelitian terbagi menjadi dua tahap yaitu penelitian pengembangan serta penelitian ekperimen. Penelitian pengembangan dibangun dengan mengacu pada model Plomp termodifikasi Corebima (2016) yang terdiri atas tahapan: (1)preliminary investigation, (2) design, (3)realization/constructions, (4) test, evaluation, and revision dan dilanjutkan penelitian kuasi eksperimen. Sementara perangkat pembelajaran dikembangkan dengan model 4D oleh Thiagarajan (1974) yang terdiri atas tahapan Define, Design, Develop, dan Disseminate. Penelitian eksperimen menggunakan rancangan non faktorial dan dilaksanakan pada mata kuliah Mikrobiologi. Data yang dikumpulkan pada penelitian kuasi adalah data keterampilan berpikir kritis, keterampilan komunikasi, keterampilan kolaborasi serta kreativitas yang diambil pada mahasiswa yang menempuh mata kuliah Mikrobiologi dengan total sampel sebanyak 67 mahasiswa. Keterampilan berpikir kritis dan kreativitas diukur dengan soal tes esai dan keterampilan komunikasi dan kolaborasi diukur dengan menggunakan rubrik pengamatan aktivitas dan peer assessment. Keseluruhan data kemudian dianalisis dengan memanfaatkan statistik deskriptif serta statistik inferensial. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa model PBP yang terdiri atas tahapan penetapan tema praktikum, penentuan kelompok, persiapan proyek, pelaksanaan proyek dan evaluasi valid digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, keterampilan komunikasi, keterampilan kolaborasi dan kreativitas. Sementara hasil penelitian eksperimen menyatakan bahwa: (1) PBP dinyatakan praktis dan efektif untuk digunakan dalam rangka meningkatkan keterampilan 4C. (2) PBP berbeda nyata lebih tinggi dengan kelas kontrol positif dan kelas konvensional dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis, komunikasi, dan kolaborasi, namun PBP tidak berbeda nyata lebih dengan kelas kontrol positif pada peningkatan kreativitas, tetapi tetap berbeda nyata lebih tinggi dengan kelas konvensional. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa PBP mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi serta kreativitas mahasiswa LPTK. Peneliti menyarankan untuk mengujicobakan PBP pada beragam mata kuliah lain, serta mengembangkan prinsip-prinsip PBP untuk pemberdayaan mata kuliah lain.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263383

Actions (login required)

View Item View Item