Pembelajaran daring yang menumbuhkan karakter disiplin / Muhammad Odik Afifin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran daring yang menumbuhkan karakter disiplin / Muhammad Odik Afifin

Afifin, Muhammad Odik (2021) Pembelajaran daring yang menumbuhkan karakter disiplin / Muhammad Odik Afifin. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Di kondisi kegiatan belajar tanpa bertatap muka di kelas saat ini para guru dan orang tua didorong untuk bekerja sama untuk tetap dapat memfasilitasi para peserta didik dalam belajar mengembangkan ilmu akademis serta kepribadian seperti menjalani sekolah konvensional sebelumnya. Setiap proses pembelajaran yang terjadi di kelas konvensional dan kelas online berperan penting dalam mengembangkan karakter siswa. Dengan kata lain karakter setiap individu dapat mempengaruhi sikap atau pola tingkah laku seseorang yang akan menjadi kepribadiannya. Secara imperatif tertuang dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dalam Pasal 3 UU tersebut dinyatakan bahwa ldquo Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa berakhlak mulia sehat berilmu cakap kreatif mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab rdquo . Sebagai sekolah dengan berintegritas nasional salah satu visi yang ingin dicapai oleh SMK Negeri 8 Malang yaitu membentuk generasi berkarakter disiplin baik dalam berpenampilan waktu serta belajar menjadi tugas tambahan bagi sekolah untuk dapat mencapainya. Penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan dan menjelaskan perencanaan pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran daring yang menumbuhkan karakter disiplin di SMK Negeri 8 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif materi teoritik fenomenologi. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara mendalam observasi dan teknik dokumentasi. Informan dipilih dengan menggunakan teknik purposive yang dipadukan dengan teknik snowball sampling. Informan kunci dalam penelitian ini adalah Waka Kesiswaan Waka Kurikulum Guru BK/BP Wali kelas wali murid dan para siswa. Data yang terkumpul melalui berbagai teknik tersebut dan dilakukan kondensasi data penyajian data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan kredibilitas transferbilitas depandabilitas dan konfirmabilitas. Begitu data secara kesuluruhan selesai diperiksa data yang terkumpul dianalisis. Melalui penelitian ini diperoleh temuan-temuan sebagai berikut Pertama perencanaan pembelajaran daring yang menumbuhkan karakter disiplin di SMK Negeri 8 Malang dituang dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang memuat unsur pengembangan karakter disiplin. Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh yang diterapkan di SMK Negeri 8 Malang terdiri dari 3 pendekatan yaitu 1) pembelajaran jarak jauh daring dengan menggunakan gawai/laptop dan portal atau aplikasi pembelajaran daring seperti Google Meet Webex Google classroom 2) pembelajaran jarak jauh luring melalui radi televise modul belajar mandiri dan lembar kerja bahan ajar cetal alat peraga dan media balajar dari benda dan lingkungan sekitar dan 3) pembelajaran jarak jauh Kombinasi. Kedua pelaksanaan pembelajaran daring yang menumbuhkan karakter disiplin di SMK Negeri 8 Malang Pelaksanaan yang dilakukan sekolah melalui integrasi nilai kedisiplinan di dalam program pengembangan diri mata pelajaran dan budaya sekolah. Kegiatan pembelajaran dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh pihak sekolah. Guru menyiapkan bahan ajar yang akan diambil oleh wali siswa 1x per minggu di awal minggu dan disebar melalui media komunikasi yang tersedia. Selanjutnya setiap siswa mengisi lembar aktivitas harian sebagai bahan pemantauan belajar harian dan ditandatangani oleh orang tua/wali siswa. Segala bentuk diskusi yang dilakukan di kelas online akan dipantau oleh guru. Ketiga evaluasi pembelajaran daring yang menumbuhkan karakter disiplin di SMK Negeri 8 Malang saat ini telah berjalan dengan baik 3 penanaman karakter disiplin yang diberlakukan untuk siswa yaitu disiplin waktu disiplin berpenampilan dan disiplin belajar telah dijalankan dengan baik oleh siswa SMK Negeri 8 Malang. Implikasi penelitian ini mengkaji tentang pembelajaran daring yang menumbuhkan karakter disiplin di SMK Negeri 8 Malang. Data-data yang didapat dari lapangan dianalisis sehingga memberikan beberapa kesimpulan sekaligus akan memperkaya kajian tentang pengembangan ilmu teknologi pembelajaran khususnya tentang pembelajaran jarak jauh (daring dan luring) dalam perencanaan pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran daring yang menumbuhkan karakter disiplin. Kemudian saran-sarannya (1) Kementrian Pendidikan dan Budaya Kabupaten/Kota yang memiliki wewenang untuk melakukan pembinaan langsung. Agar hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi dalam melakukan pembinaan maupun pengambilan kebijakan khususnya berkaitan dengan pembelajan daring yang menumbuhkan serta mengembangkan karakter disiplin. (2) Kepala SMK Negeri 8 Malang agar mempertahankan pembelajaran yang menumbuhkan karakter disiplin dalam mencapai visi sekolah melalui budaya pembelajaran dan budaya kebersamaan yang sudah terbangun. (3) Para Peneliti lain khususnya di bidang pembelajaran daring yang menumbuhkan karakter disiplin diharapkan hasil penelitian ini dijadikan bahan referensi serta kajian ilmiah untuk memperkaya khasanah ilmu pengetahuan

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263265

Actions (login required)

View Item View Item