Pengembangan model pembelajaran reflektif praktikum konseling untuk meningkatkan cognitive involvement calon konselor / Husni Hanafi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pembelajaran reflektif praktikum konseling untuk meningkatkan cognitive involvement calon konselor / Husni Hanafi

Hanafi, Husni Hanafi (2021) Pengembangan model pembelajaran reflektif praktikum konseling untuk meningkatkan cognitive involvement calon konselor / Husni Hanafi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran praktikum konseling merupakan proses esensial sebagai penyiapan calon konselor untuk membentuk keterampilan dan kompetensi profesionalnya. Pembelajaran praktikum konseling saat ini memiliki fokus utama pada keterampilan dan kompetensi teknis konselor terkait model konseling yang digunakan. Proses pengembangan kompetensi internal konselor cenderung kurang diperhatikan sebagai hasil pembelajaran praktikum konseling termasuk di antaranya adalah cognitive involvement konselor. Proses cognitive involvement konselor melibatkan keterampilan metakognisi konselor dan refleksi diri konselor terhadap performansi praktik konselingnya. Atas dasar paparan kondisi rasional tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran reflektif praktikum konseling untuk meningkatkan cognitive involvement mahasiswa calon konselor dalam performansi praktiknya. Peneiltian ini menggunakan desain R2D2 (Recursive Reflective design dan Development). Prosedural penelitian R2D2 memiliki 3 fokus tahap pengembangan yakni (1) Define (2) Design and Development dan (3) Disseminate. Proses dan uji coba pengembangan melibatkan Tim Partisipan Ahli (Ahli Konseling Ahli Metakognisi Konselor dan Ahli Media dan Pembelajaran) dan Tim Partisipan Praktisi (Calon Pengguna dan Mahasiswa). Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan diskusi kolaboratif penilaian reflektif dan uji coba reflektif produk hasil pengembangan. Analisis data dilakukan secara deskriptif-interpretatif terhadap hasil diskusi kolaboratif analisis statistik deskriptif terhadap penilaian reflektif dan uji beda wilcoxon terhadap hasil uji coba reflektif. Produk pengembangan Model Pembelajaran Reflektif Praktikum Konseling telah berhasil memenuhi standar keberterimaan yang sesuai dengan kriteria dan kebutuhan secara teoritis dan praktis. Keberhasilan tersebut dibuktikan berdasarkan simpulan hasil penilaian reflektif produk oleh tim Partisipan Ahli (Ahli Konseling Ahli Metakognisi Konselor dan Ahli Media dan Pembelajaran) tim Partisipan Pengguna (Dosen Pengampu Mata Kuliah Praktikum Konseling) dan keberhasilan uji coba terbatas produk terhadap sasaran produk (Mahasiswa Calon Konselor). Hasil FGD pengembangan dan validasi produk menunjukkan produk hasil penelitian yang Layak dan Berterima namun terdapat beberapa perbaikan dan revisi sebagai penyempurnaan produk. Hasil penelitian pada uji coba terbatas memaparkan adanya perubahan positif signifikan atas impelemntasi model pembelajaran reflektif praktikum konseling untuk meningkatkan cognitive involvement calon konselor. Hasil temuan lain dalam penelitian ini adalah identifikasi sumbangsih cognitive involvement sebesar 25% dalam performansi konselor dan identifikasi adanya kondisi-kondisi penghambat counselor cognitive involvement yang patut menjadi perhatian untuk dihindari. Implikasi praktis produk hasil pengembangan mengarah pada upaya diseminasi produk kepada stakeholder dan pengguna lebih luas. Implikasi tersebut turut berlanjut pada penyediaan sumber daya dan fasilitas pendukung khususnya pada pendamping dosen pengampu yang esensial terhadap optimalisasi hasil dan proses belajar praktikum konseling. Selain itu penelitian selanjutnya dapat menguji keberterimaan model pembelajaran reflektif dalam kajian matakuliah dengan paradigma dan model konseling yang lain. Saran kepda penelitian selanjutnya dapat menempatkan fokus pada kajian hambatan cognitive involvement konselor dan kajian spesifik pada masing-masing bentuk mind skills.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S3 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Apr 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263237

Actions (login required)

View Item View Item