Aldino, Fals (2021) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sekolah dasar dalam menyelesaikan soal open ended berdasarkan gaya kognitif / Fals Aldino. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Aldino Fals. 2021. Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Berdasarkan Gaya Kognitif. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Makbul Muksar M.Si (2) Dr. Erry Hidayanto M.Si. Kata Kunci berpikir kreatif soal open ended gaya kognitif Siswa kreatif akan menemukan suatu ide atau solusi baru (berbeda dengan lainnya) dalam menyelesaikan masalah. Kemampuan berpikir kreatif dapat ditingkatkan melalui soal open ended karena dapat mendorong siswa untuk berpikir serta membuat strategi yang berbeda sesuai dengan kemampuannya. Strategi siswa dalam menyelesaikan masalah banyak dipengaruhi gaya kognitif yang merupakan karakteristik tiap siswa dalam memproses informasi serta menyelesaikan masalah yang diperoleh. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sekolah dasar Field Independent dan Field Dependent dalam menyelesaikan soal open ended. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang dilakukan di SD Islam Mohammad Hatta. Subjek pada penelitian berjumlah 6 siswa kelas Vb yang memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif yang berbeda. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan Group Embedded Figure Test (GEFT) soal open ended dan wawancara yang sudah divalidasi. Selanjutnya tiga komponen berpikir kreatif yaitu fluency (kelancaran) flexibility (keluwesan) dan originality (kebaruan) digunakan sebagai acuan untuk menganalisis hasil tes kemampuan berpikir kreatif dan wawancara Hasil tes kemampuan berpikir kreatif dalam memecahkan masalah dikelompokkan berdasarkan aspek kelancaran keluwesan dan kebaruan. Terdapat 5 tingkatan dalam berpikir kreatif yaitu sangattkreatif (TBK 4) kreatif (TBK 3) cukuppkreatif (TBK 2) kuranggkreatif (TBK 1) dan tidak kreatif (TBK 0). Hasil penelitian yaitu terdapat siswa 1 Field Independent yangssangat kreatif (TBK 4) 1 siswa Field Independent yangkkreatif (TBK 3) dan siswa Field Independent yang kurang kreatif (TBK 1) 1 siswa Field Dependent yang kreatif (TBK 3) 1 siswa Field Dependent yang kurang kreatif (TBK 1) dan 1 siswa Field Dependent yang tidak kreatif (TBK 0). Dapat disimpulkan bahwa siswa Field Independent cenderung lebih kreatif dibanding siswa Field Dependent dalam pemecahan masalah matematika.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jan 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/263197 |
Actions (login required)
View Item |