Analisis technological, pedagogical and content knowledge (tpack) guru sd dalam mengimplementasikan metode bercerita menggunakan media audio visual / Kholifatul Khoir - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis technological, pedagogical and content knowledge (tpack) guru sd dalam mengimplementasikan metode bercerita menggunakan media audio visual / Kholifatul Khoir

Khoir, Kholifatul (2021) Analisis technological, pedagogical and content knowledge (tpack) guru sd dalam mengimplementasikan metode bercerita menggunakan media audio visual / Kholifatul Khoir. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Khoir Kholifatul. 2021. Analisis Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Guru SD dalam Mengimplementasikan Metode Bercerita Menggunakan Media Audio Visual. Tesis Program Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Furaidah M.A. (2) Dr. Eddy sutadji M.Pd. Kata Kunci Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Metode bercerita Media Audio Visual Teknologi pembelajaran berkembang pesat di masa pembelajaran jarak jauh saat ini di mana guru dituntut untuk memberikan pembelajaran secara daring yang membutuhkan kompetensi dalam mengintegrasikan teknologi dengan pembelajarannya kepada siswa. Pada kenyataannya hasil observasi yang dilakukan peneliti di SDN 1 Sidodadi lawang mengungkapkan bahwa 14 guru yang mengajar telah menggunakan tekologi dalam pengajarannya namun belum mengintegrasikannya dengan pembelajaran dikarenakan kemampuannya yang masih kurang tentang integrasi teknologi dan pembelajaran. Hal tersebut menimbulkan beberapa masalah di antaranya adalah hasil belajar siswa yang menurun dan kurangnya minat belajar siswa. Oleh sebab itu kerangka kerja technological pedagogical and content knowledge (TPACK) digunakan sebagai kerangka kerja yang mengevalusi pengetahuan guru dalam merepresentasikan materi dengan mengimplementasikan metode bercerita menggunakan teknologi agar dapat mengajar dengan efektif. Metode bercerita dipilih karena dari hasil observasi tentang metode bercerita 36 guru menunjukkan bahwa metode bercerita cukup bagus dan sering digunakan dalam pengajaran. Metode bercerita yang diintegrasikan dengan teknologi berbentuk media audio visual dimanfaatkan agar siswa dapat menerima pembelajaran yang lebih bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan aktivitas pembelajaran guru sekolah dasar dalam mengimplementasikan metode bercerita dengan memanfaatkan media audio visual mendeskripsikan TPACK guru sekolah dasar dalam mengimplementasikan metode bercerita dengan memanfaatkan media audio visual serta mendeskripsikan integrasi antara konten pedagogi dan teknologi dalam pengajaran. Penelitian ini menggunakan metode survey. Terdapat 3 guru yang menjadi subjek penelitian dengan menggunakan instrumen observasi catatan lapangan wawancara dan angket. Setelah data terkumpul data di analisis menggunakan teknik analisis data presentase. Hasil penelitian mengungkapkan aktivitas pembelajaran yang dilakukan guru SD dalam mengimplementasikan metode bercerita menggunakan media audio visual memiliki perbedaan meskipun pembelajarann menggunakan metode dan media yang sama. Hasil analisis angket ketiga subjek setiap aspek menunjukkan presentase pengetahuan konten (CK) 73% pengetahuan pedagogi (PK) 73% pengetahuan teknologi (TK) 76% pengetahuan konten dan pedagogi (PCK) 76% pengetahuan konten dan teknologi (TCK) 73% pengetahuan pedagogi dan teknologi (TPK) 76% dan pengetahuan konten pedagogi dan teknologi (TPACK) 70% dengan kategori baik. Hal tersebut artinya guru menguasai kemampuan TPACK dalam mengimplementasikan metode bercerita dengan memanfaatkan media audio visual dengan baik. Teknologi pedagogi dan konten memiliki hubungan erat dalam pembelajaran. Agar guru dapat mengajar dengan efektif efisien dan interaktif dibutuhkan materi yang akan diajarkan pedagogi sebagai sarana untuk mengetahui memilih metode yang tepat bagi siswa serta diintegrasikan dengan teknologi seperti video yang dapat diisi dengan gambar-gambar menarik animasi serta suara yang mendukung. Saat guru dapat menguasai ketiga inti pengajaran tersebut dengan baik maka guru akan dapat memberikan pengajaran yang bermakna untuk siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kerangka kerja TPACK sangat dibutuhkan bagi guru SD dalam memberikan pembelajaran bagi siswa. Hal tersebut karena TPACK dapat digunakan sebagai pedoman pengajaran serta dapat digunakan untuk mengevaluasi kemampuan diri sendiri dalam mengajar. Aktivitas pengajaran dengan mengimplementasikan metode bercerita dengan memanfaatkan media audio visual dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Pengetahuan TPACK guru SD termasuk dalam kategori baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan erat antara konten pedagogi dan teknologi dalam pengajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263179

Actions (login required)

View Item View Item