Hartarto, Bagoes Yudhi (2021) Pengaruh model pembelajaran number head together (nht) berbantuan media tangram terhadap aktivitas dan hasil belajar bangun datar siswa kelas iv di SDN Datengan i Kediri / Bagoes Yudhi Hartarto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Bagoes Yudhi Hartarto. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Berbantuan Media Tangram Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Bangun Datar Siswa Kelas Iv Di SDN Datengan I Kediri. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd (2) Dr. Munzil S.Pd. M.Si. Kata kunci Numbered Head Together (NHT) Tangram Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pelajaran Matematika seringkali membuat siswa mengalami kesulitan baik dalam memahami konsep ataupun menguasai konsep matematika khususnya pada materi keliling dan luas bangun datar hal itu dikarenakan kurangnya motivasi belajar siswa siswa belajar dengan suasana yang kurang menyenangkan dan kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran selain itu mereka juga menganggap matematika adalah pelajaran yang sulit . Dalam pembelajarannya terlihat monoton sekali model pembelajaran yang digunakan kurang variatif sehingga pada saat proses pembelajaran ada siswa yang kurang tertarik dan lebih memilih bermain sendiri berbicara dengan teman sebangkunya. Situasi seperti inilah yang menyebabkan siswa pasif dalam pembelajaran karena mereka hanya menerima materi dengan mendengarkan penjelasan dari guru tanpa ada aktivitas siswa yang menyenangkan yang mampu membangun motivasi belajar mereka maka belajarpun kurang bermakna. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Number Head Togheter (NHT) dengan bantuan media Tangram pada aktivitas belajar siswa pada materi keliling dan luas bangun datar terhadap siswa kelas IV SDN Datengan I dan Pengaruh model pembelajaran Number Head Togheter (NHT) dengan bantuan media Tangram pada hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas bangun datar terhadap siswa kelas IV SDN Datengan I. Metode penelitian yang diguanakan adalah Quasi Experiment (eksperimen semu) Obyek penelitianya adalah seluruh siswa kelas IV di SDN Datengan I. Instrumen yang digunakan adalah Tes dan Lembar Observasi. Prosedur pengumpulan datanya sebagai berikut 1) Tahap Persiapan 2) Tahap Pelaksanaan dan 3) Tahap Evaluasi. Teknik analisis datanya menggunakan metode statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran Number Head Together (NHT) berbantuan media Tangram terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi bangun datar dibuktian pada rata-rata keterlaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa kelas di kelas eksperimen sebesar 83 38 dan di kelas kontrol sebesar 61 32. Sementara untuk hasil belajar Berdasarkan hasil perhitungan uji-t paired sample diatas diperoleh nilai t hitung sebesar -9.062 dengan nilai probabilitas 0.000 atau kurang dari 0.05. Maka disimpulkan bahwa model pembelajaran Number Head Together berbantuan media Tangram berpengaruh terhadap aktivitaas dan hasil belajar pada materi keliling dan luas bangun datar pada siswa kelas IV di SDN Datengan 1.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Apr 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/263170 |
Actions (login required)
View Item |