Persepsi dan minat guru sejarah tentang melanjutkan program magister pendidikan sejarah (studi kasus di Madrasah Aliyah Kota Kediri) / Moch. Aahsinul Farichi - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi dan minat guru sejarah tentang melanjutkan program magister pendidikan sejarah (studi kasus di Madrasah Aliyah Kota Kediri) / Moch. Aahsinul Farichi

Farichi, Moch. Achsinul (2021) Persepsi dan minat guru sejarah tentang melanjutkan program magister pendidikan sejarah (studi kasus di Madrasah Aliyah Kota Kediri) / Moch. Aahsinul Farichi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Persepsi pada dasarnya membentuk pemahaman individu tentang kondisilingkungannya sekaligus menjadi pertimbangan pilihan yang diambil dalamkehidupan individu itu sendiri. Setiap individu memiliki persepsi yang berbedakarena setiap individu juga memiliki pengalaman yang berbeda dalam melihatrealitas kehidupan yang terjadi di dalam kehidupannya. Minat merupakan sebuahrespon mental dari individu yang sangat dipengaruhi oleh persepsi minat tumbuhsecara alamiah selama manusia terus melakukan aktivitas di lingkungannya.Penelitian ini mencoba untuk mendeskripsikan persepsi dan minat guru sejarahtentang melanjutkan program magister pendidikan sejarah studi kasus diMadrasah Aliyah Kota Kediri permasalahan tersebut dilatarbelakangi oleh apasaja mengingat jenjang karir pendidikan guru di Madrasah Aliyah Kota Kedirimasih rendah atau hanya sampai pada tingkat sarjana. Rumusan masalah yangdiambil pada penelitian ini adalah bagaimana persepsi guru sejarah MadrasahAliyah Kota Kediri tentang melanjutkan program pendidikan magister danbagaimana minat guru sejarah Madrasah Aliyah Kota Kediri tentang melanjutkanprogram magister.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakanpendekatan studi kasus. Pengumpulan data diperoleh melalui teknik wawancaradan dokumentasi.Analisis data menggunakan model analisis Miles dan Hubermanmelalui teknik analisis data dengan model interaktif antara tahap satu dengantahap lainnya yaitu melaui pengumpulan data reduksi data penyajian data danpenarikan kesimpulan atau verifikasi.Hasil penelitian menunjukkan (1) Pertama persepsi guru sejarah diMadrasah Aliyah Kota Kediri tentang melanjutkan studi pendidikan magistersebagian besar cukup postif pendidikan magister dianggap sebagai sebuah saranadalam upaya meningkatkan kualitas wawasan keilmuan dan kompetensiguru.Persepsi guru sejarah dipengaruhi beberapa faktor pertama faktor image ataupandangan masyarakat. (2) Kedua faktor tuntutan profesi sebagai tenagapendidik.Selanjutnya minat guru sejarah di Madrasah Aliyah Kota Kediri secaraumum memiliki keinginan besar untuk melanjutkan studi pendidikansampai kejenjang program magister dengan pertimbangan sebagai berikut (1)Pertama faktor kualitas diri (2) Kedua faktor kompleksitas pendidikan.Selanjutnya faktorpengambat yang kemudian menjadi kendala bagi guru sejarah di MadrasahAliyahKota Kediri untuk melanjutkan studi pendidikan magsiter yaitu (1) faktorusia (2) faktor jarak (3) faktor biaya dan (4) faktor budaya (masalah gender).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263151

Actions (login required)

View Item View Item