Pengembangan media pembelajaran berbasis virtual tour menggunakan lumion pada materi sumber daya alam. / Fawaz Sani Rahmatulloh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis virtual tour menggunakan lumion pada materi sumber daya alam. / Fawaz Sani Rahmatulloh

Rahmatulloh, Fawaz Sani (2022) Pengembangan media pembelajaran berbasis virtual tour menggunakan lumion pada materi sumber daya alam. / Fawaz Sani Rahmatulloh. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran virtual berbasis virtualsda terhadap pemahaman materi sumber daya alam yang dapat meningkatkan pemahaman siswa. Kenyataan dilapangan banyak guru menggunakan pembelajaran dengan buku teks dengan menggunakan buku teks ini belum efektif. Hal ini disebabkan siswa masih belum mengerti tentang materi pembelajaran khususnya geografi hal ini kebiasaan murid masih terbiasa menghafal materi pembelajaran dan tidak diterapkan dalam kehidupan. Siswa saat selesai dari sekolahnya siswa tersebut hanya mengigat teori tetapi tidak mengetahui menerapkan materi yang telah didapatkan dan menyebabkan ilmu geografi menjadi pembelajaran bosan dan sulit dipahami. Media pembelajaran yang banyak dengan seiringnya teknologi sekarang salah satu media pembelajaran yaitu virtual tour adalah dimana siswa diajak melihat video dengan konsep animasi 3 dimensi sejalan dengan pendapat dari (Yuliana amp Lisdianto 2017) ldquo Virtual Tour (atau disebut juga panoramic tour) adalah sebuah simulasi dari suatu tempat yang benar-benar ada biasanya terdiri dari kumpulan foto-360 foto panorama kumpulan gambar yang terhubung oleh hyperlink ataupun video. Metode dari penelitian ini adalah penelitian pengembagan yang mengadopsi model ADDIE. Hasil penelitian dilakukan di SMAI Abu Ghonaim Kota Batu selama 1 minggu atau kurun waktu mulai tanggal 17 januari 2022 sampai dengan 22 januari 2022. Adapun subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IPS sebagai subjek uji coba. Data yang terkumpul mencakup data angket uji coba data angket efektifitas media dan data post-test dan pree-test yang dilakukan sebelum perlakuan dan pemnerian media pembelajaran virtualSDA. Adapun dalam proses penelitian ini memiliki keterbatasan yaitu siswa masih belum memiliki kacamata virtual dimana siswa bergantian dalam mencoba media pembelajaran ini.menunjukan bahwa media yang dihasilkan memenuhi 4 kriteria kelayakan dan keefektifan yaitu mampu meningkatkan pemahaman siswa. Empat aspek kelayakan tersebut adalah menarik sesuai mudah digunakan dan media yang dihasilkan dapat meningkatkan pemahaman siswa karena dari hasil pretest diperoleh rata rata skor siswa 47 64 dan meningkat menjadi 80 73 setelah diberikan media pembelajaran virtualSDA. Ini menunjukan bahwa media pembelajaran vurtualSDA berhasil meningkatkan kemampuan siswa sebesar 33 9%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263124

Actions (login required)

View Item View Item