Pengaruh model problem based learning berbantuan modul terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah sumber daya alam pada siswa sma / Meli - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model problem based learning berbantuan modul terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah sumber daya alam pada siswa sma / Meli

Meli (2021) Pengaruh model problem based learning berbantuan modul terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah sumber daya alam pada siswa sma / Meli. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Meli 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Modul Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Sumberdaya Alam Pada Siswa SMA. Tesis Program Studi Pendidikan Geografi. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sugeng Utaya M. Si (II) Dr. Budi Handoyo M. Pd. Kata Kunci Problem based learning Modul Berpikir kritis Pemecahan masalah Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan peneliti menemukan beberapa perasalahan diantaranya yaitu kurangnya keaktifan siswa baik mengajukan pertanyaan maupun menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Hal itu mendandakan siswa kurang dalam hal berpikir kritis maupun memecahkan masalah. Ada dua kemungkinan mengapa hal tersebut bisa terjadi. Pertama kurangnya kesadaran akan pentingnya kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Kedua meskipun sudah ada kesadaran mengenai hal itu tetapi yang menjadi kendala yaitu bagaimana meningkatkan dua kemampuan tersebut pada siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui apakah model problem based learning berbantuan modul berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis pada siswa SMA. 2) Untuk mengetahui apakah model problem based learning berbantuan modul berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah sumber daya alam pada siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-postest nonequivalent control group design yang menggunakan dua kelas yakni kelas Xi-IIS-1 (kontrol) dan Kelas Xi-IIS-2 (eksperimen). Subyek penelitian siswa kelas Xi IPS SMA 1 Mawasangka tahun ajaran 2020/2021. Instrumen penelitian berupa essay test yang disusun berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Analisis data yang digunakan adalah Uji MANOVA dengan SPSS 20 for windows pada taraf signifikan 0 05. Hasil penelitian yaitu 1) Penggunaan model problem based learning berbantuan modul dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa. Hal itu dikarenakan model problem based learning berbantuan modul mengarahkan siswa pada permasalahan kontekstual sebagai stimulus bagi siswa untuk berpikir secara kritis. 2) Penggunaan model problem based learning berbantuan modul dapat meningkatkan kemampuan pemecahan msalah sumber daya alam pada siswa. Hal tersebut dikarenakan model problem based learning berbantuan modul dapat melatih siswa dalam memecahkan berbagai permasalahan yang diberikan baik itu melalui latihan soal yang termuat dalam modul maupun menyelesaikan permasalahan otentik yang berkaitan dengan konten yang dipelajari. Saran yang dapat diberikan terkait dengan penelitian ini yaitu perlu adanya penelitian lebih lanjut mengenai penggunaan model problem based learning yang dipadukan dengan perangkat pembelajaran lainya sebagai upaya dalam menigkatkan kemampuan berpikir kritis maupun pemecahan masalah serta peningkatan kemampuan kognitif lainya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263121

Actions (login required)

View Item View Item