Ferdiansyah, Dodik Septian (2022) Kontribusi mata kuliah kependidikan, iklim perkuliahan, dan efikasi diri ditinjau dari technological pedagogical content knowledge (tpack) untuk menunjang keterampilan guru abad 21 pada Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Dodik Septian Ferdiansyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Salah satu cara untuk menanggulangi kualitas guru yang kurang profesional maka Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) dituntut untuk selalu aktif dalam meningkatkan keterampilan lulusannya agar dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Beberapa LPTK di Indonesia terus berupaya agar pendidikan terus maju dan berkembang salah satunya adalah Universitas Negeri Malang yang termasuk dalam LPTK sebagai lembaga yang menghasilkan lulusan dalam bidang keguruan atau pengajaran. Program studi S1 Pendidikan Teknik Elektro pada Fakultas Teknik merupakan salah satu Program Studi yang memberi bekal pengetahuan dan keterampilan keguruan dan pengajaran terkait bidang elektro atau elektronika sehingga lulusan dapat menjadi guru atau pengajar profesional di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Mahasiswa harus bisa menyesuaiakan diri dengan perkuliahan di kampusnya. Penyesuaian iklim perkuliahan sangat menentukan kesuksesan mahasiswa pada tahun berikutnya. Ketidakmampuan seorang mahasiswa dalam melakukan penyesuaian terhadap iklim perkuliahan dapat menimbulkan masalah bagi mahasiswa itu sendiri. Mahasiswa yang menjadi calon guru profesional dapat diwujudkan salah satunya dengan meningkatkan kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi mata kuliah kependidikan sebagai (X1) iklim perkuliahan sebagai (X2) dan efikasi diri sebagai (X3) ditinjau berdasarkan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) sebagai (Y) serta dampaknya bagi keterampilan guru abad 21 sebagai (Z) baik secara langsung maupun tidak langsung. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk melihat kontribusi atau pengaruh antar variabel bebas terhadap variabel terikat melalui hubungan kausal. Model analisis pola hubungan antar variabel yang digunakan adalah analisa jalur (path analysis) model persamaan struktural karena berdasarkan tujuannya yaitu untuk mengetahui hubungan kausal secara langsung dan tidak langsung pada tiap-tiap variabel bebas terhadap variabel terikat. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh data bahwa mata kuliah kependidikan iklim perkuliahan efikasi diri dan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) memiliki kontribusi secara langsung dan simultan terhadap keterampilan guru abad 21 sebesar 72 4% sehingga dapat disimpulkan bahwa mata kuliah kependidikan iklim perkuliahan efikasi diri dan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) secara bersama-sama memiliki pengaruh positif dan kontribusi yang signifikan terhadap keterampilan guru abad 21 secara langsung.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jan 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/263088 |
Actions (login required)
View Item |