Halid, Nugraha Anggun Saputra (2021) Analisis penggunaan learning management system (LMS) dalam pembelajaran online (studi fenomenologi menggunakan schoology, google classroom dan sipejar pada mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Negeri Malang) / Nugraha Anggun Saputra Halid. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Maraknya pembelajaran online yang ada di Indonesia menjadi hal yang sangat menarik untuk di perhatikan lebih jauh tak terkecuali juga yang terjadi di Universitas Negeri Malang terutama di Fakultas Ekonomi. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini ialah bagaimana proses pembelajaran online ini berlangsung terutama menggunakan media LMS seperti Schoology Google Classroom dan Sipejar yang akan dilakukan proses pembelajaran full secara online yang akan dilihat dari segi kesiapan mahasiswanya kerlibatan aktif mahasiswa dalam kelas kesiapan dalam evaluasi dan kendala-kendala yang ditemui serta cara mengatasinya. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Adapun sumber dari data penelitian ini berasal dari data primer dan sekunder serta populasi pada penelitian ini ialah mahasiswa jurusan akuntansi fakultas ekonomi dan bisnis di Universitas Negeri Malang dan jumlah mahasiswa yang menjadi informan kunci berjumlah 5 orang. Dalam pemilihan informan peneliti menggunakan Snowball Sampling dimana penetuan sampel diambil secara random di mahasiswa jurusan akuntansi yang mahasiswa aktif sebagai mahasiswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah observasi wawancara dan dokumentasi. Serta teknik analisis data yang digunakan adalah tahap reduksi data tahap display data tahap verifikasi data dan penarikan kesimpilan. Kemudian kesimpulan dari penelitian ini 1. Penggunaan LMS dalam pembelajaran online sudah semua proses pembelajaran memanfaatkan media LMS yang ada. 2. Perlunya mahasiswa mempersiapkan fisik mental dan materi dalam proses pembelajaran online. 3. Keterlibatan aktif mahasiswa menjadi hal yang sangat penting karena keaktifan mahasiswa menjadi lebih mudah untuk dosen memberikan materi dan nantinya materi itu mudah dipahami oleh mahasiswa. 4. Evaluasi pembelajaran seluruhnya memanfaatkan aplikasi seperti menggunakan googleform kahoot dan quizizz. 5. Kendala dalam proses pembelajaran online yang di temuakan ialah kurangnya kestabilan jaringan biasanya cara mengatasinya mahasiswa saling berkomunikasi setelah jam kulaih tersebut telah selesai. Kemudian kendala dalam memahami materi yang diberikan biasanya mahasiswa mendiskusikan materi yang kurang dipahami tersebut dengan membuat kelompok-kelompok kecil. Dan yang terakhir ketika LMS yang digunakan lagi bermasalah biasanya dosen memiliki opsi lain untuk menyampaikan materinya
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Mar 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/263075 |
Actions (login required)
View Item |