Hasanati, Alvi (2021) Pengembangan modul pembelajaran interaktif menggunakan program resitasi untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa tentang usaha dan energi / Alvi Hasanati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul pembelajaran interaktif dan keefektifan modul pembelajaran interaktif dalam meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa. Usaha dan energi merupakan salah satu materi yang banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun banyak penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami miskonsepsi dan memiliki kemampuan berpikir kritis yang rendah. Metode penelitian pengembangan yang digunakan adalah Research and Development (R amp D) dengan model ADDIE (Analysis Design Development Implementation and Evaluation) dengan uji efektivitas menggunakan quasi experimental design dengan desain pretest dan posttest design. Populasi pada penelitian ini sebanyak 49 siswa kelas X MIPA di MAN 2 Lamongan. Pengumpulan data dilakukakan melalui tes survei dan observasi. Tes dilakukan sebanyak 2 kali yaitu pre-test dan post-test. Setiap tes dibagi menjadi dua kategori yaitu tes penguasaan konsep berupa soal pilihan ganda beralasan dan tes kemampuan berpikir kritis berupa soal uraian. Jawaban siswa dianalisis menggunakan statistik deskriptif independent sample t-test dan N-gain test. Hasil survei dianalisis dengan cara reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis survei dan observasi digunakan untuk mengetahui kepraktisan modul pembelajaran interaktif. Kelayakan modul pembelajaran interaktif diperoleh dari uji validitas dan kepraktisan. Berdasarkan uji validitas dengan ahli diperoleh hasil rata-rata sebesar 93.3% berarti modul pembelajaran interaktif dinyatakan sangat valid. Kepraktisan modul pembelajaran interaktif diperoleh dari hasil uji empiris respon siswa sebesar 88 5% (kategori sangat baik). Peningkatan penguasaan konsep pada kelas eksperimen nilai N-gain sebesar 80.52% (kategori tinggi) dan kelas kontrol sebesar 65.49% (kategori sedang). Hasil analisis kemampuan berpikir kritis dapat dilihat melalui nilai N-gain sebesar 79.34% (kategori tinggi) kelas eksperimen dan nilai N-gain sebesar 71.40% (kategori sedang) pada kelas kontrol. Peningkatan tersebut juga ditunjukkan melalui analisis independent sample t-test (p 0.000) yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian kelayakan serta penerapan modul pembelajaran interaktif di kelas diperoleh kesimpulan bahwa modul pembelajaran interaktif layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran karena dapat membantu siswa dalam menguasai konsep dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 Dec 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/263046 |
Actions (login required)
View Item |