Azizah, Nafilah Husnaul (2022) Penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah dalam model pembelajaran problem based learning menggunakan gnomio pada materi fluida statis di MAN 1 Pasuruan / Nafilah Husnaul Azizah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Fluida statis adalah salah satu konsep fisika yang dipelajari dan sering dijumpai dalam aplikasi kehidupan sehari-hari. Beberapa penelitian menemukan adanya kesulitan yang dihadapi siswa dalam memecahkan masalah pada subab Tekanan Hidrostatis Hukum Pascal dan Hukum Archimedes karena konsep siswa yang salah. Upaya untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa yakni dengan menerapkan pembelajaran problem based learning menggunakan Gnomio. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran problem based learning menggunakan Gnomio. Desain Penelitian ini adalah embedded experimental dengan teknik purposive sampling menggunakan satu kelas. Penelitian dilakukan di kelas XI MIA 1 di MAN 1 Pasuruan dengan jumlah 35 siswa. Data yang dikumpulkan berupa hasil tes dan wawancara. Tes meliputi tes berupa 10 soal pilihan ganda untuk mengukur penguasaan konsep dan 4 soal uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah. Hasil jawaban siswa dianalisis paired sample t-test N-Gain dan Effect Size. Hasil wawancara dilakukan dengan direduksi dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan konsep siswa lebih baik dan meningkatnya rerata siswa pada setiap permasalahan. Kemampuan siswa tertinggi pada indikator useful description disusul pada indikator mathematical procedure logical progression physics approach dan specific application of physics. Oleh karena itu pembelajaran problem based learning menggunakan Gnomio memberikan pengaruh pada keduanya yang didukung oleh hasil paired sample t-test membuktikan adanya perbedaan antara pretest dengan postest hasil effect size sebesar 3 69 (kategori strong effect) pada penguasaan konsep dan 7 63 (kategori strong effect) pada kemampuan pemecahan masalah serta N-Gain keduanya sebesar 0 72 (kategori tinggi). Hasil wawancara yang dilakukan bahwa pemahaman siswa meningkat mengenai materi fluida statis. Hal ini menunjukkan pembelajaran problem based learning menggunakan Gnomio memberikan dampak positif dalam meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi fluida statis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jun 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/263028 |
Actions (login required)
View Item |