Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis mobile application pada materi statistika / Erna Mariana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis mobile application pada materi statistika / Erna Mariana

Mariana, Erna (2021) Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis mobile application pada materi statistika / Erna Mariana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Mariana Erna. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Mobile Application pada Materi Statistika. Tesis Jurusan Pendidikan Matematika Program Studi S2 Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sisworo M.Si. (2) Dr. Erry Hidayanto M.Si. Kata Kunci Media Pembelajaran matematika Mobile Application Statistika. Perkembangan teknologi yang sangat pesat dari segala bentuk aspek kehidupan pada era ini sangat sulit untuk dihindari. Perkembangan teknologi ini sangat berdampak di semua bidang terutama bidang pendidikan. Salah satu manfaat dari perkembangan teknologi dalam kegiatan pembelajaran adalah sebagai media pembelajaran yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran. Media pembelajaran yang dikembangkan menggunakan teknologi mobile ini dapat membantu siswa dan guru dalam kegiatan pembelajaran daring. Adapun salah satu produk perkembangan teknologi adalah Mobile Application. Hal ini dikarenakan media pembelajaran berupa Mobile Application lebih fleksibel untuk digunakan. Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini smartphone merupakan salah satu perangkat yang sangat melekat dengan setiap orang. Smartphone memiliki daya tarik yang sangat besar. Hal ini dapat dijadikan sebagai salah satu alasan bahwa smartphone harusnya diolah dan dimanfaatkan sebagai suatu media pembelajaran terutama dalam pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu (1) Untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran matematika berbasis Mobile Application pada materi statistika. (2) Untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis Mobile Application yang valid praktis dan efektif diterapkan sebagai media pembelajaran matematika pada materi statistika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE. Subjek yang dijadikan penelitian adalah siswa kelas XII TKJb di SMK Negeri Bandar Pacitan. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Data yang telah diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis validasi kepraktisan keefektifan dari media pembelajaran yang dikembangkan. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini diperoleh (1) proses pengembangan media melalui tahap analisys design development (uji coba lapangan awal merevisi hasil uji coba awal) implementasi (uji coba lapangan) evaluasi (penyempurnaan produk). (2) menghasilkan media pembelajaran matematika yang dinyatakan valid praktis dan efektif untuk digunakan sebagai media dalam pembelajaran berdasarkan dari hasil penilaian yang telah memenuhi kriteria. Adapun hasil penilaian dari validasi ahli media dan ahli media secara keseluruhan mencapai rata rata 4 5 dan 4 5. Dan perolehan persentase dari angket respon positif siswa sebesar 83 4% dan persentase rata rata dari penilaian guru terhadap media 90 9% Begitu juga dengan pencapaian ketuntasan belajar siswa secara keseluruhan yaitu sebesar ge 80%. Berdasarkan dari hasil penilaian diatas media pembelajaran matematika berupa Mobile Application dinyatakan sangat valid praktis dan efektif sebagai media yang dapat mendukung belajar siswa dalam memahami suatu materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263024

Actions (login required)

View Item View Item