Strategi implementasi pembelajaran higher order thinking skill (hots) untuk meningkatkan kemandirian belajar anak usia dini di tk dharma wanita persatuanSimpang Kabupaten Sidoarjo / Riska Fitria Ahmada - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi implementasi pembelajaran higher order thinking skill (hots) untuk meningkatkan kemandirian belajar anak usia dini di tk dharma wanita persatuanSimpang Kabupaten Sidoarjo / Riska Fitria Ahmada

Ahmada, Riska Fitria (2021) Strategi implementasi pembelajaran higher order thinking skill (hots) untuk meningkatkan kemandirian belajar anak usia dini di tk dharma wanita persatuanSimpang Kabupaten Sidoarjo / Riska Fitria Ahmada. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) rancangan pembelajaran yang digunakan guru dalam menerapkan proses pembelajaran High Order Thinking Skills (HOTS) (2) pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru di kelas dalam menerapkan proses pembelajaran High Order Thinking Skills (HOTS) dan (3) implementasi pembelajaran High Order Thinking Skills (HOTS) terhadap kemandirian belajar. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara observasi dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk menggali informasi lebih dalam mengenai permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran. Observasi dugunakan untuk mengetahui aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran data diperoleh dari lembar observasi aktivitas belajar siswa yang diisi oleh guru yang bertindak sebagai observer dengan menceklis skor untuk setiap aktivitas yang diukur pada setiap pertemuan. Dokumentasi digunakan untuk mempelajari dokumen yang barkaitan dengan implementasi Higher Order Thingking (HOTS) Anak Usia Dini. Sumber data diperoleh dari observasi kegiatan pembelajaran anak usia dini TK DWP Simpang Sidoarjo. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakan analisis interaktif model Miles dan Huberman dengan langkah reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) rancangan pelaksanaan pembelajaran High Order Thinking Skills (HOTS) di TK DWP Simpang menunjukan hasil yang baik (2) pelaksanaan pembelajaran High Order Thinking Skills (HOTS) di TK DWP Simpang menunjukan hasil yang baik (3) implementasi strategi Pembelajaran High Order Thinking Skills (HOTS) efektif dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262940

Actions (login required)

View Item View Item