Fitriani, Aprilia Dwi (2021) Pengembangan media mg “magic geometry” untuk mengenalkan kreasi bentuk geometri pada anak usia 5-6 tahun di ra al masitoh gedangan kabupaten malang / APRILIA DWI FITRIANI. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kegiatan pengenalan kreasi bentuk geometri pada anak usia 5-6 tahun di RA AL Masitoh Gedangan Kabupaten Malang menunjukkan bahwa dibutuhkannya media baru yang dibuat untuk pengembangan aspek kognitif disesuaikan pada kebutuhan yang ada di lembaga. Adanya gagasan baru dalam pembelajaran mempengaruhi motivasi belajar anak yang berpengaruh terhadap tercapainya tujuan belajar anak. Media pembelajaran merupakan suatu alat perantara dalam proses pembelajaran. Media MG ldquo Magic Geometry rdquo merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk pengenalan bentuk geometri anak usia 5-6 tahun. Tujuan dalam pengembangan ini adalah menghasilkan suatu produk media pembelajaran yang layak praktis serta menarik bagi anak usia 5-6 tahun supaya mencapaian tujuan pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan assure dengan modifikiasi 6 langkah penelitian dan pengembangan namun peneliti memakai 5 langkah dalam penelitian ini yaitu (1) analisis pembelajaran (2) menentukan tujuan pembelajaran (3) memilih metode teknologi media dan materi (4) melakukan uji coba produk (5) melibatkan siswa dalam pembelajaran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini berupa kuisioner pedoman observasi pedoman wawancara serta catatan lapangan. Teknik analisis data berupa analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil pengembangan analisis data diperoleh hasil presentase sebesar 86% tingkat kevalidan media berdasarkan evaluasi ahli materi dan ahli media pembelajaran anak usia dini 86% tingkat kepraktisan berdasarkan evaluasi ahli praktisi pembelajaran anak usia dini 84% tingkat kemenarikan media berdasarkan hasil observasi uji coba lapangan (perorangan kelompok kecil kelompok besar). Berdasarkan hasil tersebut maka disimpulkan bahwa media MG ldquo Magic Geometry rdquo layak digunakan sebagai salah satu media pengembangan aspek kognitif dalam pengenalan bentuk geometri anak usia 5 ndash 6 tahun. Disarankan media ini dapat diuji cobakan pada subjek yang lainnya serta digunakan untuk kepentingan yang sesuai pencapaian.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jan 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/262935 |
Actions (login required)
View Item |