Wardhani, Aprilia Ema (2021) Analisis pola asuh orang tua dan minat belajar anak terhadap hasil belajar anak tunarungu selama masa pandemi di SLB Kabupaten Malang / Aprilia Ema Wardhani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Anak berkebutuhan khusus memiliki berbagai macam keunikan dan kebutuhan pembelajaran yang berbeda tiap individunya salah satunya yaitu anak tunarungu atau anak berkebutuhan khusus dengan hambatan pendengaran. Anak tunarungu merupakan mereka yang mengalami hambatan pendengaran sehingga memerlukan perlakuan dan pelayanan khusus. Pola asuh adalah cara orang tua bertindak berinteraksi mendidik dan membimbing anak. Minat adalah rasa ketertarikan dan perhatian pada kegiatan tertentu. Hasil belajar adalah perubahan yang terjadi pada diri siswa (aspek kognitif afektif dan psikomotor) sebagai hasil dari kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar anak tunarungu selama pandemi untuk mengetahui hubungan antara minat belajar anak dengan hasil belajar anak tunarungu selama pandemi dan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dan minat belajar anak terhadap hasil belajar anak tunarungu selama pandemi di SLB Kabupaten Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas anak tunarungu yang mengikuti pembelajaran selama pandemi memiliki orang tua dengan pola asuh yang masuk dalam kategori sedang dengan presentase 50% atau sebanyak 15 responden memilki minat belajar yang sedang dengan presentase sebesar 40% atau sebanyak 12 responden dan hasil belajar yang sedang dengan presentase sebesar 40% atau sebanyak 12 responden. Hubungan antara pola asuh orang tua dan hasil belajar anak adalah H1 ditolak artinya tidak terdapat hubungan antara variabel pola asuh orang tua dan hasil belajar anak yang melaksanakan pembelajaran pada masa pandemi. Hubungan anatara minat belajar anak dan hasil belajar anak adalah H1 ditolak yang berarti tidak terdapat hubungan anatara minat belajar anak dengan hasil belajar anak yang melaksanakan pembelajaran pada masa pandemi. Hubungan antara pola asuh orang tua dan minat belajar secara bersam-sama terhdap hasil belajar anak adalah H0 diterima dan H1 ditolak yang berarti tidak terdapat hubungan antara peran orang tua dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar anak selama melaksanakan pembelajaran pada masa pandemi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S2 Pendidikan Khusus |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jun 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/262896 |
Actions (login required)
View Item |