Hubungan keterampilan manajerial kepala sekolah dan iklim organisasi sekolah dengan semangat kerja guru di SMA se Kabupaten dan Kota Mojokerto / DIta Fitriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan keterampilan manajerial kepala sekolah dan iklim organisasi sekolah dengan semangat kerja guru di SMA se Kabupaten dan Kota Mojokerto / DIta Fitriana

Fitriana, Dita (2021) Hubungan keterampilan manajerial kepala sekolah dan iklim organisasi sekolah dengan semangat kerja guru di SMA se Kabupaten dan Kota Mojokerto / DIta Fitriana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fitriana Dita. 2021. Hubungan Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi Sekolah dengan Semangat Kerja Guru di SMA Se Kabupaten dan Kota Mojokerto. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ali Imron M.Pd. M.Si. (II) Dr. Mustiningsih M.Pd. Kata kunci keterampilan manajerial iklim organisasi semangat kerja. Guna menciptakan generasi emas atau sumber daya terbaik pendidikan di sekolah merupakan faktor penting untuk mencapai hal tersebut. Guru merupakan pengajar yang memberikan informasi keilmuan dan mengarahkan siswa untuk mencapai tujuannya. Keterampilan manajerial kepala sekolah dan iklim organisasi merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan semangat kerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran semangat kerja guru (2) gambaran keterampilan manajerial kepala sekolah (3) gambaran iklim organisasi (4) pengaruh dari variabel keterampilan manajerial kepala sekolah iklim organisasi terhadap semangat kerja guru di SMA Negeri se Kabupaten dan Kota Mojokerto. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis deskriptif dan korelasi. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel yaitu variabael bebasnya keterampilan manajerial kepala sekolah (X1) iklim organisasi (X2) sedangkan variabel terikatnya semangat kerja guru (Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh guru di SMA Negeri se Kabupaten dan Kota Mojokerto yang berjumlah 801. Kemudian jumlah sampel penelitian ini ialah 388 responden yang diambil menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan angket dengan pengujian validitas dan reliabilitas. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa tahap mulai dari persiapan pelaksanaan pengumpulan pengolahan dan pelaporan. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini (1) Kepala sekolah di SMA Negeri Se-Kabupaten dan Kota Mojokerto memiliki kemampuan keterampilan manajerial sekolah yang baik (2) SMA Negeri Se-Kabupaten dan Kota Mojokerto memiliki iklim organisasi yang sangat baik (3) guru di SMA Negeri Se-Kabupaten dan Kota Mojokerto memiliki semangat kerja yang tinggi (4) Terdapat hubungan antara keterampilan manajerial kepala sekolah dan iklim organisasi dengan semangat kerja guru. Hal ini dibuktikan dengan nilai P value dari masing-masing variabel sebesar 0 000 yang bernilai kurang dari 0 5. Adanya hubungan antara keterampilan manajerial kepala sekolah dengan semangat kerja guru maka kepala sekolah perlu untuk meningkatkan keterampilan manajerial sehingga semangat kerja guru juga ikut meningkat. Saran penelitian selanjutnya dapat ditambahkan variabel-variabel lain yang berkaitan dengan semangat kerja guru. Penelitian tentang semangat kerja guru dapat dibandingkan dengan objek penelitian lain tidak hanya guru SMA namun guru PAUD SD maupun SMP. Serta pada penelitian selanjutnya indikator dapat ditinjau ulang menyesuaikan dengan kondisi sekolah/objek yang diteliti.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262894

Actions (login required)

View Item View Item