Analisis keberhasilan start-up bisnis coolhouse.id / Ferly Festyana - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis keberhasilan start-up bisnis coolhouse.id / Ferly Festyana

Festyana, Ferly (2021) Analisis keberhasilan start-up bisnis coolhouse.id / Ferly Festyana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada saat ini persaingan usaha terjadi dengan sangat ketat hampir di semua jenis usaha baik lingkup domestik maupun internasional. Kondisi ini memicu semua jenis usaha untuk berlomba-lomba menciptakan sesuatu yang berbeda agar menghasilkan daya saing sehingga bisa menarik minat konsumen dan memenangkan pasar. Terbatasnya lapangan pekerjaan dan kemampuan yang dimiliki membuat kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan semakin sulit sehingga mendorong orang untuk membuka usaha sendiri dengan sumber daya yang ada. Akan tetapi mendirikan suatu bisnis baru pada kenyataannya bukan suatu pekerjaan yang mudah karena banyak tantangan yang dihadapi. Banyak start-up bisnis yang gagal pada tahap awal dan kurang dari sepertiganya bisa berkembang lebih lanjut disebabkan oleh kurangnya keuangan masalah manajemen kurangnya pengetahuan bisnis dan terlambat menerapkan teknologi. Oleh karena itu diperlukan perencanaan bisnis yang matang untuk mengantisipasi ketidakpastian kondisi pasar. Keberhasilan suatu usaha bisnis dipengaruhi oleh banyak hal. Penelitian ini berfokus pada karakteristik wirausahawan pelaku usaha yang memiliki peran pada keberhasilan bisnis. Para wirausahawan biasanya memiliki karakter pribadi yang menentukan sebuah keberhasilan bisnis sehingga tujuan penelitian ini adalah meneliti sejauh mana karakteristik wirausahawan tersebut menunjang keberhasilan bisnis suatu pelaku usaha. Kepribadian dan karakteristik wirausahawan layak diteliti untuk mengetahui sejauh mana karakter tersebut melekat pada wirausahawan serta implikasinya pada keberhasilan bisnis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitas dengan jenis penelitian deskriptif eksploratif untuk menggambarkan keadaan suatu fenomena. Fenomena yang digambarkan pada penelitian ini adalah sejauh mana karakteristik kewirausahaan yang dimiliki oleh pengusaha mampu menunjang keberhasilan bisnisnya. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara informan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 16 karakteristik wirausahawan yang dimiliki oleh owner Coolhouse.id yang menunjang keberhasilan bisnisnya. Dalam kondisi bisnis yang cepat berubah dinamis dan penuh ketidakpastian karakteristik wirausahawan yang ditemukan dalam penelitian ini mempunyai andil dalam keberhasilan bisnis Coolhouse.id. Karakteristik individu tersebut sangat diperlukan sebagai modal kewirausahaan dalam mengembangkan usaha dan keberlanjutan bisnis. Karakteristik kreatif dan inovatif merupakan karakteristik yang paling penting karena membuat wirausahawan mampu membuat produk atau cara yang berbeda dengan pesaing yang lain sehingga orisinalitasnya mampu menarik konsumen dan pelanggan. Hal ini juga sekaligus saran bagi pelaku usaha yang ingin mendirikan atau mengembangkan bisnisnya untuk menggali kreativitas dirinya serta mampu melakukan inovasi sehingga menemukan keunikan dibanding pesaing yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S2 Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262889

Actions (login required)

View Item View Item