Ardiansyah, Lalu Yayan (2021) Revitalisasi pendidikan akuntansi di tengah hegemoni perkembangan industri di Lombok / Lalu Yayan Ardiansyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Yayan A Lalu. 2021. Revitalisasi Pendidikan Akuntansi Di Tengah Hegemoni Perkembangan Industri Di Lombok. Tesis. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sunaryanto M.Ed. (II) Ani Wilujeng Suryani S.E. M. Actg. Fin. Ph.D. (III) Prof. Dr. Cipto Wardoyo S.E. M. Pd. M.Si. Ak. CA. Kata kunci Pengembangan Industri Revitalisasi Pendidikan Akuntansi Kurikulum Metode Pembelajaran Teknologi. Penelitian ini mencoba meneliti perspektif dari berbagai pihak yang terlibat didalam pengembangan keterampilan dalam bidang akuntansi diantaranya adalah akademisi praktisi pemerintah lulusan mahasiswa di beberapa Universitas dan Instansi yang berperan terhadap perkembangan pendidikan akuntansi di Lombok untuk menjembatani dan mengeksplorasi perspektif akademis terkait dengan keterampilan yang diberikan kepada peserta didik penyesuaian terhadap kebutuhan kerja penyesuaian terhadap perkembangan teknologi dan perkembangan ekonomi dan perspektif dari praktisi terkait dengan keterampilan yang dibutuhkan pengusaha sebagai pemberi kerja dan peran pemerintah sebagai regulator. Metode penelitian dengan pendeketan kualitatif yang dibingkai dengan studi kasus digunakan untuk mengetahui perspektif informan tentang revitalisasi pendidikan akuntansi ditengah hegemoni perkembangan industri di daerah Lombok. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa institusi pendidikan tinggi di Lombok perlu melakukan revitalisasi pendidikan akuntansi dalam bentuk internalisasi nilai ndash nilai spiritual dan nilai lokal standarisasi kompetensi berdasarkan pada KKNI (sikap pengetahuan keterampilan umum dan ketrampilan khusus) desentralisasi pendidikan dan penyesuaian dengan kebutuhan daerah. Selain itu revitalisasi kurikulum pendidikan akuntansi dalam bentuk peningkatan keterampilan harus setara dengan konsultan akuntansi penyetaraan program melalui kampus merdeka dan menerapkan pendidikan karakter bagi para calon akuntan. Revitalisasi metode pembelajaran pendidikan akuntansi dalam bentuk penyampaian materi pembelajaran secara materi dan immateri blended learning melakukan tracer study menerapkan team teaching pengadaan fasilitas belajar dan maksimalisasi penggunaan teknologi pada pendidikan akuntansi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S2 Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Mar 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/262887 |
Actions (login required)
View Item |