Pengembangan panduan pelatihan sikap respect menggunakan structured learning approach (sla) bagi siswa SMP / Amalia Cholilah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan pelatihan sikap respect menggunakan structured learning approach (sla) bagi siswa SMP / Amalia Cholilah

Cholilah, Amalia (2021) Pengembangan panduan pelatihan sikap respect menggunakan structured learning approach (sla) bagi siswa SMP / Amalia Cholilah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sikap respect merupakan sikap yang menunjukkan adanya penerimaan terhadap orang lain ditunjukkan dengan memberikan perhatian penghargaan dan kepedulian. Sikap respect dapat membantu siswa mengantisipasi terjadinya bullying. Upaya untuk membentuk dan membiasakan siswa bersikap respect ialah dengan melaksanakan pelatihan sikaprespect sebagai wujud dari layanan dasar bimbingan dan konseling dalam mengoptimalkan perkembangan siswa dalam bidang pribadi-sosial. Pelatihan sikaprespect dilaksanakan dengan menggunakan Structured Learning Approach (SLA). SLA memiliki 5 komponen yang saling berkaitan diantaranya instruction modeling role playing feedback dan transfer of training. Pada penelitian ini SLA diadaptasi menjadi model dan prosedur bimbingan kelompok dalam kegiatan pelatihan sikap respect. Penelitian ini dilaksanakan untuk menghasilkan buku panduan pelatihan sikaprespect yang dapat digunakan oleh konselor sebagai rujukan dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling kepada siswa yang telah memenuhi syarat kelayakan produk berdasarkan aspek ketepatan kejelasan dan kegunaan. Sehingga dapat digunakan oleh konselor dalam pelaksanaan layanan BK kepada peserta didik. Desain penelitian ini mengadopsi rancangan penelitian dan pengembangan Borg amp Gall. Adapun tahapan dalam penelitian ini adalah (1) study pendahuluan (2) perencanaan (3) pengembangan draft dan produk (4) uji tahap awal (uji ahli) (5) perbaikan produk berdasarkan uji tahap awal (6) uji pengguna utama produk (7) perbaikan produk berdasarkan uji pengguna utama produk.Penelitian ini melibatkan 6 orang ahli dan 2 konselor SMPN 2 Kota Malang sebagai subjek uji coba. Instrumen yang digunakan mencakup (1) Instrumen penilaian ahli media pembelajaran (2) Instrumen penilaian ahli bimbingan dan konseling (3) Instrumen penilaian ahli bahasa dan sastra Indonesia (4) Instrumen penilaian pengguna utama serta (5) instrumen skala sikap respect. Analisis yang digunakan pada penilaian ahli dan pengguna utama ialah validitas Aiken dan menggunakan bantuan IBM SPSS 21 pada uji validitas dan reliabilitas skala sikap respect. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa panduan pelatihan sikap respect menggunakan SLA telah layak digunakan oleh konselor berdasarkan aspek ketepatan kejelasan dan kegunaan. Penilaian ahli bahasa dan sastra Indonesia mengenai materi pelatihan diperoleh indeks kesepakatan sebesar 0 85 penilaian ahli bimbingan dan konseling mengenai prosedur pelatihan dalam panduan diperoleh indeks kesepakatan sebesar 0 84 penilaian ahli media pembelajaran mengenai format panduan diperoleh indeks kesepakatan sebesar sebesar 0 95 dan penilaian calon pengguna produk baik dari format maupun isi panduan mendapatkan indeks kesepakatan 0 77. Saran dari penelitian ini yaitu adanya harapan panduan ini dapat membantu konselor dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling serta dapat dikembangkan oleh peneliti selanjutnya dengan menguji keefektifan panduan dengan metode penelitian kuantitatif eksperimen.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 May 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262816

Actions (login required)

View Item View Item