Pengaruh iklan terhadap perilaku merokok siswa sekolah menengah pertama di Indonesia: literature review / Rofiatul Hasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh iklan terhadap perilaku merokok siswa sekolah menengah pertama di Indonesia: literature review / Rofiatul Hasanah

Hasanah, Rofiatul (2021) Pengaruh iklan terhadap perilaku merokok siswa sekolah menengah pertama di Indonesia: literature review / Rofiatul Hasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perilaku merokok memiliki dampak buruk bagi kesehatan bahkan berujung kematian. Sayangnya prevalensi pengguna tembakau di Indonesia terus meningkat. Dari total penduduk Indonesia yang mengonsumsi tembakau 9 1% diantaranya adalah remaja. Dimana Usia 13-15 tahun merupakan periode paling sering ditemukannya remaja mencoba rokok untuk pertama kali. Remaja Indonesia disinyalir menjadi sasaran utama pemasaran rokok melalui berbagai media termasuk iklan. Literature review ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan terhadap perilaku merokok siswa sekolah menengah pertama di Indonesia berdasarkan studi terdahulu selama 10 tahun terakhir. Metode penelitian yang digunakan ialah kajian pustaka dengan mengikuti diagram alir Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyzes (PRISMA). Alur PRISMA terbagi menjadi empat tahapan yaitu identifikasi penyaringan kelayakan dan disertakan. Hasil pencarian pada tahap identifikasi awal menjaring 1461 artikel dari lima database. Memasuki proses penyaringan sebanyak 584 artikel dikecualikan dengan dasar judul tidak sesuai topik yang dibutuhkan hingga tersisa 355 artikel. Dilanjutkan pada proses penyaringan berdasarkan abstrak sebanyak 339 artikel dikecualikan dengan alasan ketidaksesuaian metode intervensi maupun populasi artikel hingga menyisakan 16 artikel. Pada tahap uji kelengkapan ditemukan lima artikel tidak dapat diakes secara lengkap hingga menyisakan 11 artikel. 11 artikel yang tersisa akan melalui uji kelayakan. Proses uji kelayakan menggunakan bantuan Axis Tools sebagai Critical Appraisal yang memuat 20 pertanyaan terkait kualitas artikel. Hingga akhirnya 9 artikel berhasil memenuhi kriteria yang dibutuhkan sekaligus menjadi artikel yang disertakan. Hasil yang didapatkan dari literature review ini adalah tujuh dari sembilan artikel yang dikaji menyatakan adanya pengaruh signifikan antara iklan rokok dengan perilaku merokok siswa. Domain perilaku yang disasar ialah pengetahuan sikap dan praktik. Perubahan yang terjadi pada domain pengetahuan terkait pada pengenalan hingga proses mengingat. Sedangkan pada domain sikap areal yang disasar memberi pengaruh munculnya sikap positif hingga memunculkan niat atau minat terhadap rokok. Berikutnya pada domain praktik persepsi dan kegiatan mencoba rokok untuk pertama kalilah yang terpengaruh. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengaruh paparan iklan berbanding lurus dengan adanya perilaku merokok siswa sekolah menengah pertama di Indonesia. Oleh karenanya diperlukan dukungan berbagai pihak guna mengurangi dampak negatif dari iklan rokok khususnya regulasi yang tegas mengenai iklan dari pemangku kebijakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) > S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262670

Actions (login required)

View Item View Item