Heria, Dino (2021) Pengaruh servicescape terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan (studi pada cafe roemah kantja) / Dino Heria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Loyalitas pelanggan merupakan dorongan perilaku untuk melakukan pembelian secara berulang-ulang dan untuk membangun kesetiaan pelanggan terhadap suatu produk atau jasa yang dihasilkan oleh badan usaha yang mana membutuhkan waktu yang lama melalui suatu proses pembelian yang berulang-ulang. Tujuan penelitian ini yakni menjelaskan pengaruh sevicescape terhadap loyalitas pelanggan melalui variabel kepuasan pelanggan. Penelitian yang dilaksanakan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis riset yang digunakan dalam penelitian ini yakni diskriptif dan ekplanatori. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Non Probability Sampling. Dengan jumlah 138 responden yang telah berkunjung minimal tiga kali. Penentuan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah kuesioner tertutup dengan menggunakan skala Likert. Data dianalisis menggunakan analisis jalur (path analysis). Perhitungan koefisien Path dilakukan dengan analisis regresi model 1 yaitu variabel servicescape kepada variabel kepuasan kemudian regresi model 2 antara servicescape dan kepuasan kepada loyalitas pelanggan. Hasil analisis jalur pada model regresi 1 sama dengan pengaruh signifikansi model regresi 2 yaitu hasil tersebut lebih rendah dari 0 05. pada penelitian ini variabel servicescape memberikan pengaruh terhadap variabel kepuasan sebesar 0 946 dan hanya memberikan pengaruh terhadap variabel loyalitas sebesar 0 176 sedangkan variabel kepuasan memberikan pengaruh kepada variabel loyalitas sebesar 0 806. Berdasarkan hasil analisis data temuan peneliatian ini adalah Pertama Servicescape berpengaruh pada loyalitas pelanggan. Kedua Servicescape berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Ketiga Kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Keempat servicescape memiliki pegaruh terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Hal tersebut dibuktikan dengan analisis path yang menunjukkan pengaruh total variabel X terhadap variabel Y melalui variabel M yaitu sebesar 0 313. Dan saran untuk memperhatikan indikator servicescape agar dapat meningkatkan loyalitas pelanggan ketika berkunjung kembali.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Jun 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/262231 |
Actions (login required)
View Item |