Pengembangan panduan konseling kelompok teknik behavior contract untuk meningkatkan tanggung jawab akademik siswa SMK / Dede Ayu Anggraeni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan konseling kelompok teknik behavior contract untuk meningkatkan tanggung jawab akademik siswa SMK / Dede Ayu Anggraeni

Anggraeni, Dede Ayu (2021) Pengembangan panduan konseling kelompok teknik behavior contract untuk meningkatkan tanggung jawab akademik siswa SMK / Dede Ayu Anggraeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tanggung jawab akademik sangat penting dimiliki oleh siswa. Data di lapangan menunjukkan bahwa beberapa siswa kurang memiliki tanggung jawab akademik saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu diperlukan penanganan yang tepat untuk membantu siswa memiliki tanggung jawab akademik yang tinggi. Berdasarkan hasil need assessment di SMK Negeri 2 Malang konselor membutuhkan panduan konseling kelompok teknik behavior contract untuk meningkatkan tanggung jawab akademik siswa SMK. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk panduan panduan konseling kelompok teknik behavior contract untuk meningkatkan tanggung jawab akademik siswa SMK. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode penelitian Borg dan Gall. Prosedur penelitian ini adalah potensi dan masalah pengumpulan data desain produk uji produk dan revisi produk. Subjek uji coba produk terdiri dari tiga jenis yaitu ahli media ahli materi dan calon pengguna. Jenis data pada penelitian ini ada dua yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui pengisian instrumen need assessment dan instrumen penilaian produk oleh para ahli sedangkan data kualitatif diperoleh dari penilaian para ahli berupa penilaian verbal. Teknik analisis data diperoleh berdasarkan data kuantitatif dan data kualitatif. Analisis data kuantitatif menggunakan perhitungan statistik sedangkan analisis data kualitatif mendeskripsikan hasil data kualitatif berdasarkan hasil penilaian uji ahli produk. Hasil penelitian ini dinilai berdasarkan kriteria keberterimaan produk secara teoritik dan praktik. Hasil analisis penilaian dari ahli media menunjukkan bahwa produk dinilai sangat tepat sangat mudah sangat berguna dan sangat menarik. Hasil analisis dari ahli materi menunjukkan bahwa isi materi dalam produk dinilai cukup tepat cukup mudah cukup berguna dan cukup menarik. Sedangkan hasil penilaian dari calon pengguna menunjukkan bahwa produk dinilai sangat tepat sangat mudah sangat berguna dan sangat menarik. Berdasarkan hasil analisis tersebut produk ini termasuk dalam kategori layak digunakan konselor untuk memberikan layanan konseling di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan saran sebagai berikut (1) produk ini dapat digunakan konselor berdasarkan nilai kepraktisannya secara teoritik dan praktik sebagai panduan memberikan layanan konseling kelompok kepada siswa untuk meningkatkan tanggung jawab akademik dengan teknik behavior contract dan (2) perlu dilakukan uji keefektifan produk terhadap siswa yang memiliki tanggung jawab akademik rendah secara langsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262046

Actions (login required)

View Item View Item