Pengembangan panduan pelatihan kesadaran belajar dengan menggunakan teknik self-talk dalam bimbingan kelompok siswa smp negeri 2 ngoro. / Dini Indah Aslami - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan pelatihan kesadaran belajar dengan menggunakan teknik self-talk dalam bimbingan kelompok siswa smp negeri 2 ngoro. / Dini Indah Aslami

Aslami, Dini Indah (2021) Pengembangan panduan pelatihan kesadaran belajar dengan menggunakan teknik self-talk dalam bimbingan kelompok siswa smp negeri 2 ngoro. / Dini Indah Aslami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kesadaran belajar adalah sebuah keharusan yang dimiliki oleh siswa. Dengan adanya kesadaran belajar siswa akan terus belajar sehingga memperoleh prestasi. Namun masih banyak banyak ditemukan siswa tidak memiliki kesadaran belajar. Sebagian besar siswa hanya belajar ketika ada ujian. Pembelajaran di sekolah juga tidak akan maksimal jika siswa tidak memiliki kesadaran belajar.. Kesadaran dalam diri dapat ditingkatkan salah satunya dengan menggunakan self-talk. Melalui layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik self-talk konselor membantu siswa untuk berdiskusi dan melatih kesadaran belajar. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan panduan pelatihan kesadaran belajar dengan menggunakan teknik self-talk dalam bimbingan kelompok. Penelitian menggunakan jenis penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model dari Borg dan Gall. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian dan pengembangan ini tidak mengikuti keseluruhan langkah pengembangan oleh Borg dan Gall. Penelitian dan pengembangan ini hanya hingga langkah kelima antara lain (1) pengumpulan data (2) perencanaan (3) pengembangan produk (4) uji coba lapangan awal dan (5) revisi produk. Penelitian ini menghasilkan panduan dan buku tugas. . Panduan dan buku tugas dapat digunakan oleh semua tingkatan jenjang SMP yaitu kelas VII VIII dan XI namun perlu diperhatikan setiap pemberian layanan hanya dibatasi antara 8-10 orang saja yang dapat mengikuti. Panduan yang dikembangkan sudah divalidasi oleh dua orang ahli materi bimbingan dan konseling dan seorang orang ahli media serta sudah diuji cobakan kepada calon pengguna produk yaitu dua orang konselor sekolah. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini berupa analisis data kuantitatif dan kuantitatif Berdasarkan penilaian media yang dilakukan diperoleh hasil penilaian ahli materi mendapatkan rata-rata 79 untuk panduan dan rata-rata 76 untuk buku tugas. Hasil uji media menunjukkan rata-rata 97 8 untuk panduan dengan rata-rata 99 5 untuk buku tugas Hasil uji pengguna menunjukkan rata-rata 89. Ketiga nilai tersebut termasuk dalam ketegori lebih atau sama dengan 76 yang artinya dalam ketegori layak dan telah memenuhi kebertimaan yang sangat tinggi. Dari penilaian ahli dan calon pengguna menunjukkan bahwa panduan dan buku tugas layak untuk digunakan. Berdasarkan uji coba yang dilakukan produk dari pengembangan memenuhi aspek keberterimaan yaitu kegunaan ketepatan kemenarikan dan kelayakan sehingga produk dinilai layak digunakan oleh konselor. Penelitian yang dilakukan diperoleh dapat diberikan saran-saran sebagai berikut 1) Konselor dapat menggunakan panduan dan buku tugas sebagai panduan dalam memberikan layanan bimbingan kelompok dan sebagai referensi dalam mengembangkan layanan bimbingan dan konseling 2) Peneliti dapat menindaklanjuti dengan melakukan uji kelompok kecil untuk mengetahui keefektifan panduan dalam pelatihan kesadaran belajar menggunakan teknik self-talk dalam bimbingan kelompok

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/262042

Actions (login required)

View Item View Item