Pengembangan media pembelajaran sejarah peta dengan arcgis berbasis android pada materi situs hindu budha wilayah kediri abad ke 11-15 di sma 1 grogol kabupaten kediri / JOHAN INDA PERMANA - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran sejarah peta dengan arcgis berbasis android pada materi situs hindu budha wilayah kediri abad ke 11-15 di sma 1 grogol kabupaten kediri / JOHAN INDA PERMANA

Permana, Johan Inda (2021) Pengembangan media pembelajaran sejarah peta dengan arcgis berbasis android pada materi situs hindu budha wilayah kediri abad ke 11-15 di sma 1 grogol kabupaten kediri / JOHAN INDA PERMANA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Proses pembelajaran memerlukan interaksi antara guru dengan siswa. Hal itu disebabkan karena proses pembelajaran sangat dipengaruhi oleh aktivitas siswa. Media pembelajaran sangat membantu guru dalam proses pembelajaran sehingga adanya pengembangan media pembelajaran yang mengikuti teknologi dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran sejarah. Penelitian ini dilakukan karena pelaksanaan pembelajaran di SMA 1 Grogol masih berpusat pada buku teks yang memuat materi nasional sehingga materi situs-situs peninggalan Hindu Budha di wilayah Kediri masih kurang. Berdasarkan angket yang telah disebar memperoleh kesimpulan bahwa pengetahuan siswa mengenai situs-situs peninggalan Hindu Budha di wilayah Kediri masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran sejarah peta dengan ArcGis yang diberi nama PETRUK (Panduan E-Trip Situs Kediri) berbasis android dengan materi situs peninggalan Hindu Budha wilayah Kediri Abad ke 11-15 dan menguji efektivitas media pembelajaran PETRUK pada kelas XI. Media pembelajaran ini memuat materi situs peninggalan Hindu Budha wilayah Kediri yang mana materi tersebut termasuk ke dalam bahasan komptensi dasar 3.1 dan 4.1 kelas XI jenjang SMA. Penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan metode research and development (R amp D). Langkah penelitian yang digunakan menggunakan milik Sugiono (2016) dengan modifikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan lapangan yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain produk (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk uji coba pemakain (9) produksi media. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah media PETRUK dinyatakan valid hal ini dibuktikan dengan validasi ahli materi dengan presentase sebesar 93% validasi ahli media sebesar 82%. Hasil uji efektifitas juga menunjukan bahwa media pembelajaran PETRUK efektif digunakan dalam pembelajaran di kelas. Hal ini didasarkan pada analisis hasil uji coba kelompok kecil dengan presentase sebesar 91% sedangkan uji coba kelompok besar menghasilkan presentase sebesar 89%. Sedangkan hasil pre-test pada kelompok besar memiliki rata-rata 41 hasil post-test kelompok besar medapatkan nilai rata-rata 78. Dengan demikian media pembelajaran PETRUK dapat layak digunakan untuk menjadi media pembelajaran sejarah di jenjang SMA kelas XI IIS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/261697

Actions (login required)

View Item View Item