Pengaruh model problem based learning berbasis web terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik pada mata pelajaran geografi Kelas XI SMAN 5 Malang / Dea Narulitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model problem based learning berbasis web terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik pada mata pelajaran geografi Kelas XI SMAN 5 Malang / Dea Narulitasari

Sari, Dea Narulita (2021) Pengaruh model problem based learning berbasis web terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik pada mata pelajaran geografi Kelas XI SMAN 5 Malang / Dea Narulitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan berpikir analitis merupakan salah satu kemampuan berpikir yang harus dikembangkan dalam mata pelajaran geografi. Kemampuan tersebut dapat dikembangkan dengan model pembelajaran yang sesuai. Model PBL merupakan salah satu model pembelajaran yang sesuai untuk mengembangkan kemampuan berpikir analitis siswa. Penelitian ini dilakukan pada saat pandemi Covid-19 sehingga model PBL berbasis WEB digunakan sebagai solusi pelaksanaan pembelajaran daring saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model PBL berbasis WEB pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir analitis siswa. Metode penelitian ini menggunakan eksperimen kuasi dengan desain post test only control group. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yakni kontrol dan eksperimen kelas XI IPS SMAN 5 Malang. Instrumen berupa soal tes esai kemampuan berpikir analitis. Data yang diperoleh dianalisis dengan SPSS 16.0 for windows sedangkan teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL berbasis WEB pada mata pelajaran geografi berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/261593

Actions (login required)

View Item View Item