Pengembangan media kebugaran jasmani unsur keseimbangan berbasis multimedia interaktif pada Siswa SMP Negeri 4 Malang / Fahril AL Farisi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media kebugaran jasmani unsur keseimbangan berbasis multimedia interaktif pada Siswa SMP Negeri 4 Malang / Fahril AL Farisi

Al Farisi, Fahril (2021) Pengembangan media kebugaran jasmani unsur keseimbangan berbasis multimedia interaktif pada Siswa SMP Negeri 4 Malang / Fahril AL Farisi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Farisi. F. A. 2020. Pengembangan Media Kebugaran Jasmani Unsur Keseimbangan Berbasis Multimedia Interaktif Pada Siswa SMP Negeri 4 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ari Wibowo Kurniawan S.Pd M.Pd (II) Rama Kurniawan S.Pd M.Pd Kata kunci pengembangan kebugaran jasmani keseimbangan multimedia interaktif Kebugaran jasmani merupakan materi dalam pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah dan keseimbangan adalah salah satu unsur yang dipelajari. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang dilakukan peneliti pembelajaran pendidikan jasmani di SMP Negeri 4 Malang pada materi kebugaran jasmani unsur keseimbangan guru hanya memberikan materi berupa gerak dasar keseimbangan seperti sikap lilin dan sikap pesawat terbang secara berulang-ulang. Media pembelajaran yang digunakan berupa buku ajar dan belum menggunakan media lainnya yang menunjang dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa media kebugaran jasmani unsur keseimbangan berbasis multimedia interaktif berupa autoplay media studio untuk siswa kelas VII dan VIII di SMP Negeri 4 Malang. Dan menjadi rujukan dalam pembelajaran pendidikan jasmani yang bersifat baru. Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini menggunakan pendekatan Research and Development (R amp D) yang dikembangkan oleh (Lee amp Owens 2004 93) dan mempunyai tahapan diantaranya 1) Analisis kebutuhan 2) Desain produk 3) Pengembangan produk 4) Pelaksanaan dan 5) Evaluasi produk. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan teknik pengukuran untuk pengumpulan data menggunakan skala Likert dengan melihat tabel skala penilaian untuk pernyataan positif dan negatif. Kemudian data diolah dan hasilnya berupa persentase akan disimpulkan dan digolongkan dengan melihat tabel kriteria kualitas produk. Data hasil penelitian dan pengembangan berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil pada siswa kelas VII mendapatkan 78% yang berarti produk tersebut masuk dalam kategori ldquo cukup valid rdquo dan pada siswa kelas VIII mendapatkan 82% yang berarti produk tersebut masuk dalam kategori ldquo cukup valid rdquo . Sedangkan hasil uji coba kelompok besar pada siswa kelas VII mendapatkan 79% yang berarti produk tersebut masuk dalam kategori ldquo cukup valid rdquo dan pada siswa kelas VIII mendapatkan 82% yang berarti produk tersebut masuk dalam kategori ldquo cukup valid rdquo . Produk pengembangan media kebugaran jasmani unsur keseimbangan berbasis multimedia interaktif pada SMP kelas VII dan VIII layak digunakan sebagai referensi sumber belajar tambahan dan akan lebih baik jika model dan variasi lebih menarik dan penambahan pada subjek penelitian yang lebih luas lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/260942

Actions (login required)

View Item View Item