Pengembangan media pembelajaran berbasis android dengan animasi 3d bermuatan PJBL untuk menumbuhkan minat belajar Komputer dan Jaringan dasar bagi siswa kelas x SMK Program Keahlian TKJ / Ariani Dina Yasmin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis android dengan animasi 3d bermuatan PJBL untuk menumbuhkan minat belajar Komputer dan Jaringan dasar bagi siswa kelas x SMK Program Keahlian TKJ / Ariani Dina Yasmin

Yasmin, Arini Dina (2022) Pengembangan media pembelajaran berbasis android dengan animasi 3d bermuatan PJBL untuk menumbuhkan minat belajar Komputer dan Jaringan dasar bagi siswa kelas x SMK Program Keahlian TKJ / Ariani Dina Yasmin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kegiatan belajar mengajar secara daring yang dilakukan di era pandemi memiliki beberapa kekurangan. Berdasarkan wawancara kepada guru pengampu mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar SMKN 5 Jember siswa kurang antusias selama pembelajaran berlangsung. Siswa belum sepenuhnya mengerti dan memenuhi indikator pencapaian kompetensi pada materi Komputer dan Jaringan Dasar. Selain itu kegiatan praktik dan pengenalan perangkat jaringan belum dilakukan secara maksimal karena pembelajaran dilakukan secara daring. Maka media pembelajaran yang layak diperlukan agar minat belajar siswa mengalami peningkatan. Media pembelajaran sebagai pendamping pembelajaran memungkinkan siswa lebih paham terhadap materi karena adanya visualisasi secara 3D dan memuat metode pembelajaran berbasis proyek. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat suatu produk berupa media pembelajaran berbasis android dengan animasi 3D untuk pengenalan perangkat jaringan ke dalam Program Kompetensi Kelas X Sekolah Tinggi Teknologi Komputer dan Jaringan. Setelah media pembelajaran dikembangkan tujuan selanjutnya adalah untuk mengetahui kelayakan media dan dampaknya terhadap pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari 3 tahapan yaitu (1) Penelitian Awal (2) Fase Pengembangan dan Prototipe (3) Fase Penilaian. Subjek pada penelitian ini adalah Ahli Media Ahli Materi dan Responden Uji Coba. Subjek akan diberi angket untuk validasi dan uji coba guna menyempurnakan produk media pembelajaran. Hasil penelitian ini merupakan produk media pembelajaran berupa aplikasi android bernama ldquo KJD-3D rdquo . Hasil validasi ahli materi sebesar 93 99% dinyatakan sangat valid. Hasil validasi ahli media sebesar 91 67% dinyatakan sangat valid. Hasil uji kelayakan dalam kelompok kecil sebesar 90 10% dinyatakan sangat valid. Sedangkan hasil uji kelayakan dalam kolompok besar sebesar 89 00% dinyatakan sangat valid. Hasil pengukuran minat sebelum penggunaan media pembelajaran sebesar 80 00% dalam kategori tinggi sedangkan setelah penggunaan media pembelajaran minat belajar siswa sebesar 90 38% dalam kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran dinyatakan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran Komputer dan Jaringan Dasar dan dapat meningkatkan minat belajar siswa sebesar 10 38%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 May 2022 04:29
Last Modified: 23 Dec 2022 01:30
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/260588

Actions (login required)

View Item View Item