Harianto, Slamet Agus (2005) Perbedaan hasil belajar siswa laki-laki dan perempuan yang diajar dengan strategi pembelajaran Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) di SLTPN 2 Malang / oleh Slamet Agus Harianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK HariantoS .A. 2003.P erbedaaHn asil BelajarS iswal aki-Lakid anP erempuan yang Diajar dengan Strategi Pembelajaran Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP). Skripsi Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D (II) Drs. Hadi SuwonoM .Si. Kata kunci StrategPi BMP P restasBi elajar S iswal aki-laki danS iswaP erempuan Penggunaan strategi pembelajaran sangat menentukan keberhasilan belajar. Padahakl eberhasilanb elajar tergantungp ada tingkat penalarans eseorangS. alah satu upaya meningkatkan perkembangan penalaran siswa adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran yang tepat. Salah satu strategi yang terbukli mampu meningkatkan penalaran siswa adalah strategi Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP). Setiap strategi pembelajaran akan menimbulkan hasil yang berbeda untuk setiap individu. Siswa laki-laki dan perempuan mempunyai perbedaan dalam gaya belajar dan kemampuan menyerap pelajaran. Keadaan tersebut menimbulkan suatu pertanyaan berkaitan dengan perbedaan jenis kelamin terhadap prestasbi elajar khususnyab iologi. Sehubungand engani tu penelitiani ni dilakukan dengantu juan untuk mengetahuai dat idaknyap erbedaans ikapd an prestasbi elajarM ata PelajaranB iologi antaras iswal aki-laki dans iswap erempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eks post facto. Penelitian ini dilakukan pada 44 anak siswa kelas lE dan 45 anak siswa kelaslF SLTPN 2 Malang pada Cawu III Tahuna jaran200ll2002U. ntuk mengetahupi erbedaapnr estasbi elajarb iologra ntara siswal aki-laki dan siswap erempuand igunakana nalisisd ata yaitu AnalisisK ovarian (Anakova). Sebagai kovariat digunakan data hasil ulangan umum cawu II dan yang digunakan sebagai data adalah hasil ulangan harian l ulangan haian 2 dan ulangan umum cawu IIL Soal ulangan harian I dan 2 berbentuk soal uraian sedangkans oal ulangan umum cawu III berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan prestasi belajar biologi antaras iswal aki-laki dan siswap erempuanp adau langanh arian.l dan ulangan haian2 yangm enggunakabne ntuks oal uraian s edangkanp adau langanu mumC awu III yangm enggunakabne ntuks oal pilihan gandad iperolehh asil bahwap restassi iswa laki-laki lebih baik dari siswa perempuany ang berarti terdapatp erbedaanp restasi belajara ntaras iswal aki-laki dans iswap erempuan. Berdasarkanh asil penelitiani ni disarankanp erlu dilakukan penelitianl ebih lanjut tentangp enerapanb erbagaim acams trategid an metodep embelajaranA. pakah metode dan strategi tersebut dapat digunakan secara umum tanpa memandang perbedaajne nis kelamin P erluj uga dilakukanp enelitianl ebih lanjut tentangb entukbentuks oalt es.A pakahb entuk-bentusko alt es tersebutd apatd igunakans ecarau mum tanpam emandanpge rbedaajne nis kelamin
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Sep 2005 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2005 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/26008 |
Actions (login required)
View Item |