Amala, Istiqomah Ahsanu (2021) Analisis pembentukan Rasionalitas ekonomi Mahasiswa di era digital ditinjau dari Cashless Society dan pendidikan keuangan (studi kasus mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi angkatan 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Istiqomah Ahsanu Amala. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembentukan rasionalitas ekonomi adalah pola pikir yang membentuk tindakan untuk mempertimbangkan baik buruknya dalam pengambilan keputusan alternatif agar kebutuhan mahasiswa dapat terpenuhi dengan baik. Pembentukan rasionalitas ekonomi Mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2017 dapat ditinjau dari cashless society dan pendidikan keuangan. Cashless Society yang dimaksud dalam penelitian ini adalah kondisi dimana mahasiswa bertransaksi menggunakan uang elektronik secara lebih komprehensif daripada uang tunai. Pendidikan Keuangan adalah pengetahuan dan implementasi nyata mahasiswa untuk mengelola dan merencanakan keuangan dalam berbelanja dan bertransaksi serta membuat pilihan keuangan yang efektif untuk berperilaku hemat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan induktif dalam penelitian agar dapat memahami dan mendapatkan gambaran yang jelas dan nyata tentang sikap rasionalitas ekonomi mahasiswa yang terjadi di lapangan melalui pengumpulan data dengan menggunakan analisis logis. Pendekatan induktif ini dilakukan secara interaktif agar peneliti mendapatkan jawaban yang mendalam tentang sikap rasionalitas ekonomi mahasiswa dalam pemenuhan kebutuhan. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus yakni dengan bekal kerangka teori pada awal penelitian peneliti bertindak sebagai pengamat yang menganalisa why dan how dari suatu kasus pembentukan rasionalitas ekonomi mahasiswa dengan memahami aspek cashless society dan pendidikan keuangan masing-masing informan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2017 mampu memanfaatkan dan menyiasati kemudahan dari program cashless termasuk berbagai fasilitas serta layanan menarik yang diberikan. Rasionalitas mahasiswa dapat terbentuk dengan tidak bersikap boros dan melakukan pembelian yang impulsif. Selain bersikap bijak dalam penggunaan pembayaran cashless pendidikan keuangan juga penting dalam membentuk rasionalitas ekonomi mahasiswa sebagai bekal mengelola keuangan dengan baik. Beberapa mahasiswa membuat strategi dan manajemen keuangan yang baik sedangkan mahasiswa yang lain melakukan kontrol diri dan berusaha lebih bijak dalam mengatur keuangannya. Semakin tinggi tingkat rasionalitas Mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2017 maka semakin mahasiswa mampu menanggulangi keuangannya dengan baik dan semakin matang pula pengelolaan keuangannya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jul 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/259839 |
Actions (login required)
View Item |