Deviana, Frisca (2021) Pengembangan e-module berbasis discovery learning pada mata pelajaran teknologi perkantoran untuk menunjang self-regulated learning peserta didik (studi pada peserta didik kelas x OTKP SMK Negeri Mojoagung Jombang) / Frisca Deviana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian pengembangan e-module berbasis discovery learning untuk mendukung self-regulated learning peserta didik dilatar belakangi oleh kurangnya sumber belajar dan inovasi media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran daring selama masa pandemi di SMKN Mojoagung Jombang . Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Mengembangkan e-module Teknologi Perkantoran berbasis discovery learning untuk peserta didik kelas X OTKP di SMKN Mojoagung Jombang. (2) Mengetahui kelayakan e-module Teknologi Perkantoran berbasis discovery learning untuk peserta didik kelas X OTKP di SMKN Mojoagung Jombang melalui validasi tiga ahli yakni dua orang ahli materi dan satu orang ahli e-module. (3) Mengetahui tingkat self-regulated learning peserta didik kelas X OTKP 2 SMKN Mojoagung Jombang setelah menggunakan e-module Teknologi Perkantoran berbasis discovery learning. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (R amp D) teori dari Borg amp Gall yang dimodifikasi menjadi 7 langkah yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan (3) desain produk (4) validasi produk (5) uji coa produk (6) revisi produk (7) uji coba lapangan. Uji coba lapangan dilakukan pada kelas X OTKP 2 di SMKN Mojoagung Jombang dengan jumlah 35 peserta didik. Selain itu teknik analisis data pada penelitian dan pengembangan dilakukan pada data kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkane-module berbasis discovery learning pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran dengan hasil rata-rata persentase darivalidasi ahli materi sebesar 96% validasi ahli e-module 99% dan penilaian dari subjek uji coba kelompok kecil sebesar 86% sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran. E-module berbasis discovery learning terbukti efektif untuk mendukung self-regulated learning peserta didik dengan skor 81% atau sangat positif dan mendapat respon positif dari pengguna antara lain tampilan e-module menarik dan dapat membuat peserta didik tertarik untuk membaca materi di dalamnya. Saran yang diberikan untuk pengembangan produk selanjutnya adalah perlu dilakukan pengembangan pada kompetensi dasar lainnya serta dapat diunggah pada platform digital seperti di playstore atau di IOS.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Apr 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/259501 |
Actions (login required)
View Item |