Febrinawati, Sarah Ike (2021) Pengembangan e-modul berbasis kvisoft flipbook maker pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola kepegawaian untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas xi otomatisasi dantata kelola perkantoran di SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Sarah Ike Febrinawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Febrinawati Sarah Ike. 2021. Pengembangan E-Modul Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi pada Siswa Kelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Muhammadiyah 3 Singosari). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Mohammad Arief M.Si. Kata Kunci Bahan Ajar E-Modul Kvisoft Flipbook Maker Hasil Belajar. Pembelajaran berbasis teknologi yang didesain sesuai dengan kebutuhan siswa akan efektif digunakan dalam situasi pandemi. Salah satunya adalah dengan mengembangkan bahan ajar modul berbasis elektronik. Berdasarkan hasil wawancara terhadap guru Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian di SMK Muhammadiyah 3 Singosari diketahui bahwa kegiatan pembelajaran secara daring sangat sulit dimasa pandemi yaitu kurang maksimalnya siswa dalam proses pembelajaran dikarenakan keterbatasan kuota internet sehingga siswa mengalami kesulitan dalam mengakses informasi dan materi yang diberikan guru melalui google classroom. Selain itu terdapat keterbatasan bahan ajar sehingga sumber belajar siswa hanya terfokus pada informasi dan materi yang diberikan guru pada google classroom. Adanya bahan ajar elektronik yang dikembangkan oleh peneliti diharapkan dapat digunakan untuk guru dalam mempersiapkan materi ajar dan dapat digunakan bagi siswa untuk belajar secara mandiri tanpa memerlukan koneksi internet sehingga tujuan pembelajaran cepat dicapai. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) menghasilkan E-Modul berbasis Kvisoft Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian (2) mengetahui kelayakan E-Modul yang telah dikembangkan melalui validasi ahli materi dan ahli media (3) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan dengan siswa yang tidak menggunakan E-Modul Kepegawaian. Model penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan Borg and Gall yang tediri dari sembilan langkah yang telah disesuikan dengan kondisi lapangan yaitu (1) potensi dan masalah (2) mengumpulkan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk. Produk yang dihasilakan divalidasi oleh ahli materi ahli media dan melalui uji coba kelompok kecil. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dari perhitungan skor angket dan data kualitatif dari wawancara pendapat secara umum kritik dan saran. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengahasilkan produk E-Modul berbasis Kvisoft Flipbook Maker pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian. Hasil validasi menunjukkan bahwa produk E-Modul Kepegawaian yang dikembangkan memperoleh kategori kelayakan sangat valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran di kelas. Ditinjau dari perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan e-modul dalam proses pembelajaran mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal ldquo Tuntas rdquo dan kelas kontrol yang tidak menggunakan produk e-modul dalam proses pembelajaran memperoleh skor kriteria ketuntasan minimal ldquo Tidak Tuntas rdquo hal ini menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Keunggulan yang dimiliki E-Modul Kepegawaian ini adalah dapat diakses secara offline tanpa terhubung jaringan internet karena output dari produk ini berbentuk file exe sehingga dapat diakses oleh pengguna tanpa harus memiliki aplikasi kvisoft flipbook maker dan jaringan internet. Saran yang dapat diberikan untuk pemanfaatan produk ini bagi guru dapat digunakan sebagai sumber bahan ajar untuk mempersiapkan materi pembelajaran dan untuk siswa dapat digunakan sebagai bahan ajar secara mandiri namun dengan arahan pendidik. Saran untuk pengembangan produk selanjutnya agar dapat mengembangkan produk e-modul dalam bentuk aplikasi android sehingga lebih praktis digunakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jun 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/259474 |
Actions (login required)
View Item |