Pengembangan mobile learning berbasis Articulate Storyline pada mata pelajaran administrasi umum untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas X OTKP SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi kabupaten MALANG ) / Muhamad Rivaldi Aditya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan mobile learning berbasis Articulate Storyline pada mata pelajaran administrasi umum untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas X OTKP SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi kabupaten MALANG ) / Muhamad Rivaldi Aditya

Aditya, Muhamad Rivaldi (2021) Pengembangan mobile learning berbasis Articulate Storyline pada mata pelajaran administrasi umum untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas X OTKP SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi kabupaten MALANG ) / Muhamad Rivaldi Aditya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian pengembangan mobile learning berbasis articulate storyline untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Administrasi Umum ini dilatar belakangi oleh kondisi di masa pandemi covid-19 yang mewajibkan peserta didik melakukakan pembelajaran secara daring dan terdapat kurangnya inovasi media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran daring di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang. Sedangkan arus perkembangan teknologi yang berkembang pesat. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Mengembangkan Mobile Learning berbasis Articulate Storyline pada Mata Pelajaran Administrasi Umum untuk Kelas X OTKP di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang (2) Mengetahui kelayakan pengembangan Mobile Learning berbasis Articulate Storyline untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui validasi ahli materi dan ahli media (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan Mobile Learning berbasis Articulate Storyline dengan peserta didik yang tidak menggunakan Mobile Learning berbasis Articulate Storyline pada Kelas X OTKP di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan R amp D dengan mengambil teori dari Borg amp Gall yaitu 1) Potensi dan masalah 2) Pengumpulan data 3) Desain Produk 4) Validasi Desain 5) Revisi Desain 6) Uji Coba Produk 7) Revisi Produk 8) Uji Coba Pemakaian 9) Revisi Produk 10) Produksi Massal. Uji coba produk yang dilakukan yaitu 1) Desain uji coba berupa hasil penilaian dari validator ahli materi dan ahli media serta uji coba penilaian kelompok kecil 2) Subjek uji coba penelitian ini yaitu peserta didik kelas X OTKP SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang 3) Jenis data yang didapatkan berupa jenis data kuantitatif dan kualitatif 4) Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini berupa hasil wawancara dan kuisioner. 5) Teknik analisis yang digunakan untuk melihat perbedaan dari hasil belajar peserta didik menggunakan uji independent sample t-test. Hasil akhir dari penelitian ini berupa media pembelajaran Mobile Learning berbasis Articulate Storyline yang diperuntukkan pada mata pelajaran Administrasi Umum kelas X OTKP yang mana difokuskan pada kompetensi dasar 3.8 Menerapkan Penggunaan Peralatan Kantor Dalam Kegiatan Administrasi di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang. Media pembelajaran Mobile Learning berbasis Articulate Storyline yang bernama VALE ini dapat diakses secara offline dan dapat digunakan dimana saja bagi yang memakai sistem operasi android. Hasil validasi menunjukkan bahwa aplikasi ldquo sangat valid rdquo sehingga dapat disimpulkan Aplikasi VALE layak digunakan untuk menunjang pembelajaran. Hal ini berdasarkan oleh hasil penilaian validasi ahli media yang diperoleh nilai sebesar 90% validasi ahli materi diperoleh nilai sebesar 92 5% dan uji coba kelompok kecil diperoleh nilai sebesar 96 7% sehingga aplikasi VALE layak untuk digunakan. Hasil analisis hasil belajar peserta didik melalui uji Independent T-Test menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan dari rata-rata hasil belajar peserta didik. Saran yang diberikan untuk pengembangan produk selanjutnya adalah diharapkan pengembangan untuk kompetensi dasar dan mata pelajaran yang lainnya dapat mengembangkan desain dan fungsi-fungsi lain yang lebih menarik serta melakukan diskusi dapat langsung di dalam aplikasi tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/259453

Actions (login required)

View Item View Item