Alfiana, Rena (2021) Pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis chamilo pada mata pelajaran komunikasi bisnis untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas x bisnis daring dan pemasaran smk negeri 1 kanor bojonegoro / RENA ALFIANA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Media pembelajaran adalah suatu alat yang berfungsi sebagai perantara untuk membantu guru atau pengajar menyampaikan materi pelajaran dalam proses belajar mengajar sehingga memudahkan pencapaian tujuan pembelajaran yang sudah direncanakan. Namun pada kenyataanya belum semua guru menggunakan media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran e-learning berbasis Chamilo pada mata pelajaran Komunikasi Bisnis sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar menguji kelayakan produk e-learning berbasis Chamilo untuk pembelajaran Komunikasi Bisnis mengetahui respon siswa pengguna media e-learning berbasis Chamilo mengetahui efektifitas produk dalam penggunaanya sebagai media pembelajaran dan mengetahui apakah media ini dapat meningkatkan kemandirian belajar. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model Borg amp Gall dengan 9 tahapan. Adapun langkah-langkah tersebut yaitu potensi dan masalah perencanaan desain produk validasi desain ahli media dan ahli materi revisi desain uji coba produk skala kecil 6 siswa revisi tahap 1 uji coba pemakaian melibatkan 16 orang revisi tahap 2 produk final e-learning berbasis Chamilo.Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil pengisian angket validasi ahli angket respon pengguna (siswa) terhadap media e-learning berbasis Chamilo nilai posttest siswa kelas eksperimen dan kontrol dan angket siswa mengenai kemandirian belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Berdasarkan hasil validasi media diperoleh hasil sebesar 96% yang menyatakan valid dan layak digunakan. Sedangkan hasil validasi materi sebesar 90% yang menyatakan bahwa media sangat valid dan layak digunakan. Hasil angket respon siswa pada tahap uji coba kelompok kecil sebesar 86% pada tahap uji coba kelompok besar 88 75% yang menyatakan bahwa media sangat valid dan layak digunakan. Hasil efektivitas berdasarkan hasil posttest yang didapat siswa dengan membandingkan nilai rata-rata kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu kelas kontrol sebesar 71 8 dan kelas eksperimen sebesar 84 3 yang berarti hasil posttest kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Pada uji independent sample t test menunjukkan sig (2 tailed) sebesar 0 004 yang berarti lt dari 0 05 sehingga membuktikan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil nilai kemandirian berdasarkan hasil angket siswa dengan membandingkan nilai kemandirian kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu kelas kontrol sebesar 48 6 dan kelas eksperimen sebesar 58 4 yang berarti nilai kemandirian belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Pada uji independent sample t test menunjukkan sig (2 tailed) sebesar 0 00 yang berarti lt dari 0 05 sehingga membuktikan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai kemandirian kelas kontrol dan kelas eksperimen. Saran pengembangan lebih lanjut dalam penelitian dan pengembangan ini yaitu pengembangan media pembelajaran e-learning Chamilo masih terbatas hanya pada mata pelajaran Komunikasi Bisnis materi Hubungan dengan Pelanggan sehingga peneliti berharap adanya pengembangan materi lebih lanjut dan peneliti selanjutnya dapat merancang media pembelajaran yang lebih baik (dari segi cara penggunaan fasilitas isi serta tampilan media) sehingga media pembelajaran e-learning berbasis Chamilo dapat menjadi media pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jun 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/259326 |
Actions (login required)
View Item |