Pengembangan media pembelajaran im-learn berbasis android pada masa pandemi covid-19 mata pelajaran penataan produk di smk islam batu / Dimas -pratesa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran im-learn berbasis android pada masa pandemi covid-19 mata pelajaran penataan produk di smk islam batu / Dimas -pratesa

Pratesa, Dimas Putri Mega (2021) Pengembangan media pembelajaran im-learn berbasis android pada masa pandemi covid-19 mata pelajaran penataan produk di smk islam batu / Dimas -pratesa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Awal tahun 2020 Indonesia digemparkan dengan kasus virus Covid-19 yang memberi dampak di berbagai sektor salah satunya pendidikan. Kebijakan pemerintah untuk belajar dari rumah menutut kesiapan guru dan peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran. Pembelajaran secara daring diperlukan kreativitas guru dalam membuat sebuah media pembelajaran dengan memperhatikan berbagai latar belakang peserta didik yang berbeda-beda. Media pembelajaran yang terintegrasi dengan perkembangan teknologi sangat dibutuhkan sebagai alternatif belajar secara daring media pembelajaran hendaknya juga lengkap baik dari segi elemen teks gambar audio dan video serta tidak terbatas ruang dan waktu dalam mengoperasikannya. Salah satu media pembelajaran yang dapat kembangkan yaitu media pembelajaran berbasis android. Penelitian ini bertujuan menghasilkan dan menguji kelayakan media pembelajaran Im-Learn berbasis android. Dalam penelitian ini menggunakan model penelitian ADDIE. Model ini dipilih karena cocok apabila digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran. Desain ADDIE terdapat lima prosedur diantaranya (1) Analysis (2) Design (3) Development (4) Implementation (5) Evaluate. Penelitian dimulai dari tahap analisis terhadap (1) kebutuhan pengguna (2) konten media (3) perangkat lunak. Data yang dihasilkan dari penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari quisioner hasil validator ahli materi validator ahli media dan pengguna atau peserta didik sedangkan data kualitatif berdasarkan kritik dan saran validator ahli materi dan validator ahli media. Berdasarkan hasil validasi ahli media memperoleh skor sebesar 80% sedangkan ahli materi memperoleh skor 89% sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran mendapatkan predikat sangat layak untuk diujicobakan di lapangan. Sementara hasil uji coba lapangan yang melibatkan siswa kelas XI Bisnis Daring dan Pemasaran 1 di SMK Islam Batu memperoleh skor sebesar 88 3% sehingga media pembelajaran berbasis android sangat baik digunakan sebagai alternatif belajar daring di masa pandemi Covid-19. Saran bagi peneliti selanjutnya yakni (1) peneliti selanjutnya diharpkan dapat membuat media pembelajaran lebih dari satu kompetensi dasar (2) Penelitian selanjutnya hendaknya dilaksanakan secara luring atau tatap muka agar efektif (3) media pembelajaran selanjutnya hendaknya dapat diunduh di google playstore (4) Peneliti selanjutnya hendaknya dapat menambahkan fitur-fitur yang lebih menarik dan meningkatkan partisipasi peserta didik dalam belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/259323

Actions (login required)

View Item View Item