Agustina, Handinda Putri (2021) Identifikasi pemahaman konsep mahasiswa pada materi kesetimbangan benda tegar : ditinjau dari level pemahaman dan teori resource / Handinda Putri Agustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Dinamika rotasi merupakan salah satu cabang dari ilmu fisika yang memiliki banyak aplikasi dalam kehidupan sehari-hari sehingga penting untuk dipelajari. Salah satu konsep dinamika rotasi yang harus dikuasai mahasiswa adalah kesetimbangan benda tegar. Kenyataanya banyak mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami materi kesetimbangan benda tegar. Hal tersebut disebabkan adanya perbedaan konsepsi yang telah dipahami mahasiswa tersebut secara substansial berbeda dengan pengetahuan yang diajarkan. Selain itu terdapat anggapan bahwa pengetahuan yang dimiliki mahasiswa berupa potongan-potongan (knowledge in pieces) yang diingat secara tunggal maupun kelompok hanya pada konteks tertentu. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) untuk mengetahui level pemahaman konsep yang dimiliki oleh mahasiswa dan 2) untuk mengetahui resource pengetahuan yang diaktivasi oleh mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan pada materi kesetimbangan benda tegar. Metode penelitian yang digunakan adalah penilitian deskriptif dengan mendiskripsikan level pemahaman dan resource yang teraktivasi oleh mahasiswa secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis data secara kuantitatif dilakukan pada hasil pilihan opsi jawaban benar mahasiswa pada saat tes. Sedangkan analisis data secara kualitatif dilakukan pada alasan jawaban mahasiswa. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 1 yang sedang menempuh mata kuliah fisika dasar I dengan jumlah 133 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata skor tes sebesar 7 47 dan standar deviasi (SD) sebesar 2 806. Selanjutnya skor rata-rata mahasiswa berdasarkan level pemahaman konsep dengan rata-rata tertinggi yaitu sebesar 41% menduduki level tidak paham. Hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep mahasiswa cenderung rendah. Berdasarkan hasil analisis terhadap alasan jawaban mahasiswa terdapat berbagai resource pengetahuan terkait kesetimbangan benda tegar yang teraktivasi oleh mahasiswa. Resource tersebut banyak ditemukan yang teraktivasi secara berpotongan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jun 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/259038 |
Actions (login required)
View Item |