Pengaruh model pembelajaran poe dan pengunaan kahoot! terhadap pemahaman konsep fisika siswa pada jenjang pendidikan smp dan sma / Flaurencia Irene Mulya Irawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran poe dan pengunaan kahoot! terhadap pemahaman konsep fisika siswa pada jenjang pendidikan smp dan sma / Flaurencia Irene Mulya Irawati

Irawati, Flaurencia Irene Mulya (2021) Pengaruh model pembelajaran poe dan pengunaan kahoot! terhadap pemahaman konsep fisika siswa pada jenjang pendidikan smp dan sma / Flaurencia Irene Mulya Irawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Model pembelajaran POE merupakan model pembelajaran yang dilandasi teori belajar konstruktivistik. POE dikembangkan untuk mengasah kemampuan siswa dalam memprediksi dan menjelaskan alasannya mengenai suatu fenomena atau gejala alam. Penerapan dari model POE dapat digunakan untuk meningkatkan dan memperbaiki pemahaman konsep siswa. Model pembelajaran POE sangat bergantung pada hasil observasi yang dilakukan oleh siswa. Kesalahan dan kegagalan pada observasi dapat berakibat terjadinya miskonsepsi pada siswa. Pada penelitian ini Kahoot dipilih sebagai media pembelajaran digital untuk membantu model pembelajaran POE sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa. Kahoot merupakan sebuah platform berbasis permainan digital yang memungkinkan guru dan siswa berinteraksi melalui permainan yan kompetitif di dalam maupun di luar kelas. Hasil temuan penelitian yang sudah ada hanya mengkaji mengenai pengaruh model pembelajaran POE terhadap pemahaman konsep dan pengaruh penggunaan Kahoot terhadap pemahaman konsep fisika siswa yang dilakukan secara terpisah. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui keefektifan model pembelajaran POE dalam memperbaiki pemahaman konsep fisika siswa 1a) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE terhadap pemahaman konsep fisika siswa berdasarkan jenjang pendidikan SMP dan SMA 2) untuk mengetahui pengaruh penggunaan Kahoot terhadap pemahaman konsep fisika siswa dan 3) untuk mengetahui peran pengunaan Kahoot dalam model pembelajaran POE sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa. Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian meta analisis yaitu metode penelitian yang menggunakan data penelitian-penelitian yang telah ada sebelumnya (data sekunder). Metode yang digunakan adalah metode kombinasi yaitu metode kuantitaif-kualitatif. Analisis kuantitatif dilakukan untuk mengetahui nilai effect size pada artikel dan skripsi penelitian yang memeuhi syarat. Adapun jumlah artikel yang memenuhi syarat untuk dihitung nilai effect sizenya adalah sebanyak sebelas artikel mengenai model pembelajaran POE. Analisis kualitatif digunakan untuk mengetahui bagaimana pemahaman konsep siswa sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran POE. Selain itu juga analisis secara kualitatif dilakukan untuk mengetahui respon siswa dan pemahaman konsep fisika siswa setelah menggunakan Kahoot dan mengetahui peran Kahoot dalam model pembelajaran POE sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa Hasil dari perhitungan effect size didapatkan nilai rata-rata sebesar 0 988 sedangkan hasil perhitungan nilai effect size pada jenjang SMP didapatkan 0 99 daan pada jenjang SMA adalah 0 87. Nilai tersebut memiliki arti bahwa model pembelajaran POE efektif diterapkan untuk memperbaiki pemahaman konsep fisika siswa pada jenjang pendidikan SMP maupun SMA. Penggunaan Kahoot dalam pembelajaran fisika berpengaruh terhadap pemahaman konsep fisika siswa. Hal tersebut dikarenakan dengan menggunakan Kahoot guru dapat memberikan feedback secara langsung kepada siswa dari hasil jawaban setiap soal dan diskusi dapat terfokus pada bagian materi yang belum dipahami oleh siswa. Untuk itu Kahoot dapat membantu model pembelajaran POE untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/259035

Actions (login required)

View Item View Item