Alamsyah, Muhammad Nur (2022) Analisis level berpikir siswa SMAN 1 Garum Blitar berdasarkan Taksonomi Solo pada materi pola bilangan dan scaffoldingnya / Muhammad Nur Alamsyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang level berpikir siswa SMA berdasarkan Taksonomi SOLO pada materi pola bilangan. Terdapat 5 tingkatan dalam level berpikir siswa berdasarkan Taksonomi SOLO yaitu (1) prestruktural (2) unistruktural (3) multistruktural (4) relasional dan (5) extended abstract. Selain untuk memperoleh gambaran dari level berpikir siswa penelitian ini sekaligus bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai cara meningkatkan level berpikir siswa melalui pemberian scaffolding. Scaffolding yang diberikan kepada masing-masing siswa dibedakan berdasarkan kemampuan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus yang bersifat analisis deskriptif. Target penelitian adalah siswa SMA Negeri 1 Garum sebanyak 36 siswa yang melakukan pre-test kemudian diambil 2 siswa kelompok atas 2 siswa kelompok sedang 2 siswa kelompok bawah untuk studi kasus. Hasil peneltian menunjukkan bahwa 3 siswa berada pada level relasional 1 siswa berada pada level multistruktural 1 siswa berada pada level unistruktural dan 1 siswa berada pada level prestruktural.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jun 2022 04:29 |
Last Modified: | 30 Dec 2022 01:16 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/258839 |
Actions (login required)
View Item |