Analisis berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah aplikasi turunan fungsi / Amilatul Fauziyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah aplikasi turunan fungsi / Amilatul Fauziyah

Fauziyah, Amilatul (2021) Analisis berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah aplikasi turunan fungsi / Amilatul Fauziyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemajuan teknologi dan pesatnya penyebaran informasi memberikan tantangan bagi pendidikan agar membentuk generasi yang mempunyai pemikiran kritis dan mampu mengambil keputusan terbaik dalam menyelesaikan masalah. Pembelajaran di kelas hendaknya memandang pembentukan berpikir kritis pada siswa sebagai salah satu fokus perhatian. Materi pembelajaran matematika yang aplikatif dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah aplikasi turunan fungsi. Indikator berpikir kritis tersebut mengacu pada enam komponen yaitu interpretasi analisis inferensi evaluasi eksplanasi dan regulasi diri. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Kepanjen Malang Kelas XI MIA 4. Siswa diberikan dua butir soal uraian aplikasi turunan untuk diselesaikan. Hasil pengerjaan dikoreksi dan dikelompokkan berdasarkan komponen dalam berpikir kritis. Enam siswa dengan hasil pengerjaan yang memuat komponen interpretasi analisis dan inferensi terpilih menjadi responden wawancara. Wawancara bertujuan untuk menggali informasi lebih dalam mengenai keenam komponen berpikir kritis siswa. Hasil pengerjaan soal dan wawancara dipadukan serta dianalisis untuk mendeskripsikan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian ini adalah interpretasi siswa cukup baik analisis masih kurang sehingga menyebabkan inferensi juga kurang. Ekspalanasi siswa cukup baik sedangkan evaluasi dan regulasi diri sangat kurang. Siswa merasa kesulitan dalam melakukan analisis dan sering mengabaikan evaluasi serta regulasi diri. Hal tersebut menunjukkan siswa belum terbiasa berpikir kritis. Siswa yang berpikir kritisnya kurang cenderung mengalami kesalahan interpretasi yang mengakibatkan pada kesalahan analisis hingga penarikan kesimpulan. Kesalahan tersebut menunjukkan bahwa evaluasi dan regulasi diri yang dilakukan oleh siswa sangat kurang. Oleh karena itu diperlukan pembelajaran yang mengajak siswa berpikir kritis dengan membiasakan pemecahan masalah. Siswa tidak hanya diberikan contoh soal yang close-ended melainkan masalah yang aplikatif dan mengandung konteks atau penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Hendaknya siswa juga senantiasa diarahkan untuk mengevaluasi prosedur penyelesaian masalahnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/258831

Actions (login required)

View Item View Item